Pada masa sekarang, artificial intelligence sudah sangat membantu pekerjaan bagi beberapa bidang dikarenakan dengan menggunakan teknologi artificial intelligence ini dapat membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.

Seiring berjalannya waktu, profesi dari para akuntan menjadi terancam dikarenakan dapat digeser oleh para robot ataupun computer. Namun, para akuntan tidak boleh tertinggal sehingga para akuntan harus terus berkembang dan juga terus beradpatasi seiring berkembangnya zaman.

Adapun langkah – langkah yang harus dimiliki sekarang bagi profesi akuntan dalam menghadapi teknologi artificial intelligence. Hal – hal itu adalah sebagai berikut:

  • Awareness
    Para akuntan harus menjadi lebih aware dengan perkembangan artificial intelligence agar dapat melihat kesempatan yang muncul.
  • Education
    Para institusi pendidikan pada masa sekarang harus memberi tekanan dan membuat kurikulum yang relevan terhadap para mahasiswa dan mahasiswi akuntansi agar mereka dapat beradaptasi dan juga memberikan pelatihan coding dan cloud computing untuk keperluan real time accounting.
  • Professional Development
    Meningkatkan kinerja dari organisasi profesi beserta program pengembangan profesionalnya dengan melakukan presentasi online maupun secara tatap muka mengenai perkembangan dari artificial intelligence dan bagaimana hal tersebut berdampak bagi para anggota organisasi profesi di masa yang akan datang.
  • Reaching Out
    Akuntan dinilai kurang memiliki control atas data – data, dan juga untuk environmental accounting sendiri terlalu bergantung pada informasi fisik yang telah diperoleh di bawah tanggung jawab para engineers.

Reference:

Image Sources: Google Images