Cryptocurrency, mata uang digital yang sedang booming selama masa pandemic ini, sedang menjadi bahan perbincangan dunia bukan hanya di Indonesia saja. Cryptocurrency bisa jadikan sebagai instrument investasi, trading, mining, hingga alat transaksi. Cryptocurrency berasal dari kata Cryptograph yang artinya kode rahasia dan kata Currency yang artinya mata uang. Cryptocurrency sendiri sudah ada sejak 1990-an dan selama 10 tahun terakhir mulai dikenal secara dunia. Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 1.000 cryptocurrency yang beredar di seluruh dunia. Meskipun cryptocurrency terdengar sangat modernisasi, mereka mempunyai beberapa kekeurangan seperti:

  • Sulit untuk memprediksi nilai mata uang di masa depan, memiliki potensi kerugian lebih besar karena cryptocurrency memiliki volatilitas yang sangat tinggi. Contohnya adalah Harga Bitcoin di awal tahun mencapai Rp412 juta, lalu puncaknya adalah di Rp939 juta pada April 2021 lalu mengalami penurunan yang cukup drastis menjadi Rp 480 juta per 1 Juli 2021.
  • Di Indonesia sendiri, Cryptocurrency masih dianggap sebagai komoditas, bukan alat transaksi artinya mata uang cryptocurrency masih belum tersedia secara umum.
  • Uang yang sudah kita investasikan di dalam cryptocurrency bisa hilang jika sang pengguna lupa kata kunci (password). Hal ini dapat terjadi karena hingga saat ini cryptocurrency masih belum ada pihak ketiga seperti bank yang bisa memayungi permasalahan tersebut.
  • Tidak memiliki analisa fundamental karena Cryptocurrency tidak memiliki hubungan fundamental suatu negara seperti keadaan ekonomi, suka bunga acuan, mampun kondisi makro ekonomi lainnya sehingga cryptocurrency sangat sulit untuk dianalisa dan diprediksi valuani atas naik atau turunnya suatu aset karena transaksi masih berbasis pada spekulasi yang tinggi.

Terlepas dari kekurangan cryptocurrency di atas, penilaian dan keputusan tetap berada di masing-masing individu sehingga sangat dibutuhkan pemahaman dan kebijaksanaan dalam memutuskan berinvestasi di cryptocurrency dalam jangka waktu panjang.

Referensi:

Image Sources: Google Images