Fraud dapat terjadi dimana saja, termasuk di sektor energi. Penipuan pada sektor energi misalnya adalah kegiatan memperjualbelikan energi, proyek manajemen, manajemen komersial, dan lainnya. 80% penipuan yang terjadi dilakukan dengan cara penyelewengan. Fraud yang terjadi memberikan dampak yang sangat besar kepada perusahaan dikarenakan terjadi kerugian terkait proses distribusi dan pasokan energi ke konsumen. Kerugian ini dibagi menjadi 2 kategori yaitu:

  • Kerugian teknis
    Kerugian yang terjadi secara natural pada jaringan karena fenomena seperti disipasi daya pada saluran transmisi
  • Kerugian non-teknis
    Kerugian yang disebabkan oleh tindakan di luar sistem pasokan energy, seperti kerugian karena kesalahan dalam penulisan faktur, pencurian energy, dan non pembayaran di pihak pelanggan.

Perusahaan memiliki tantangan untuk mengidentifikasi dan mengukur presentase energy yang hilang dalam distribusi dan penyebab non-teknis. Berikut adalah pelanggaran yang dilakukan seperti:

  • Tindakan yang mempengaruhi alat ukur dan kontrol, misalnya merusak meter untuk mengurangi jumlah tingkat konsumsi energi penggunaan yang sebenarnya.
  • Tindakan tidak jujur yang dilakukan karyawan dalam komersial proses, misalnya jika tidak ada pemisahan tugas yang benar atau karyawan memiliki 2 kemampuan yaitu dapat memodifikasi transaksi dan mengotorisasi terkait pembayaran atau faktur, hal tersebut dapat menimbulkan potensi fraud yang dapat dilakukan oleh karyawan.
  • Tindakan yang mempengaruhi jaringan perusahaan distribusi, misalnya adalah koneksi langsung ke jaringan distribusi tanpa pelanggan masuk dalam kontrak penyediaan tenaga listrik dan penyaluran listrik ke fasilitas lain tidak termasuk dalam kontrak.

Ketiga jenis fraud diatas merupakan pelanggaran yang dapat dihukum dengan sanksi yang besarnya tergantung pada volume energi yang ditipu. Oleh karena itu, untuk aturan umumnya, perusahaan harus melaporkan kepada otoritas yang bersangkutan mengenai ketidakbenaran jaringan dan peralatan ukur.

Sumber:

  • Management Solutions. (2017). Fraud Management in the Energy Industry. 9.

Image Sources: Google Images