Di dalam suatu perusahaan atau bisnis, terdapat dua jenis kesalahan yaitu kekeliruan atau error yang mengandung ketidaksengajaan dan kecurangan atau fraud yang memang disengaja untuk kepentingan pribadi yang melakukan fraud. Fraud dapat terjadi disebabkan oleh beberapa lasan dan faktor yang mempengaruhinya. Fraud juga terdapat beberapa jenis seperti:

  • Asset Misappropriation
    Penyalahgunaan aset yang melibatkan seorang karyawan mencuri atau menyalahgunakan sumber daya yang diberikan perusahaan, biasanya penyalahgunaan aset ini terjadi di sebagian besar fraud. Contohnya adalah dengan mencuri uang tunai perusahaan, skema penagihan palsu serta diiringin dengan laporang pengeluaran yang meningkat.
  • Financial Statement Fraud
    Pelaku dengan sengaja menyebabkan salah saji atau kelalaian dalam menyajikan laporan keruangan perusahaan. Contohnya adalah seperti melebih-lebihkan atau mengurang-ngurangkan net income dengan cara pendapat yang fiktif atau pendapatan yang dikurang-kurangi, perbedaan waktu, aset yang bukan milik sebenarnya, dan pengungkapan yang tidak tepat serta mengurang-ngurangi beban dan hutang atau melebih-lebihkan beban dan hutang.
  • Corruption
    Korupsi merupakan skema di mana seorang karyawan menyalhgunakan pengaruh dalam suatu transaksi bisnis dengan cara melanggar kewajiban mereka kepada atasan untuk memperoleh keuntungan pribadi atau manfaat langsung contohnya adalah yang mencakup penyuapan, konflik kepentingan, dan pemerasan, fraud ini umum dan tentunya sangat merugikan perusahaan karena biasanya kerugian yang dicapai bernilai fantastis.

Referensi:

Image Sources: Google Images