Accounting

Apa Kegunaan dari Cost Volume Profit Relationship?

Cost Volume Profit Relationship adalah metode yang digunakan oleh perusahaan untuk dapat menghitung berapa banyak kuantitas yang harus dijual oleh perusahaan untuk dapat mencapai target baik secara Break Even Point, maupun secara target profit. Perusahaan perlu untuk mendapatkan informasi seperti selling price sebuah produk, variable expenses per unit (yang terdiri dari variable COGS dan variable Selling and Administrative expenses), sehingga perusahaan dapat mengetahui contribution margin per unit dari sebuah produk.

Contribution per unit tersebut akan memberikan nilai atau informasi bahwa setiap satu barang yang terjual, maka akan memberikan sejumlah nominal terhadap profit.

Misalnya:

  Total Per Unit
Sales (100 cakes) $ 2.000 $20
Variable Expenses  $ 1.000 $10
Contribution Margin $1.000 $10
Fixed Expenses $1.000
Net Operating Income $ 0

Jika dilihat pada tabel di atas, setiap adanya satu kue yang terjual, maka akan menyumbang $10 terhadap net operating income perusahaan. Selain itu juga tabel di atas menunjukan bahwa adanya Break Even Point dengan kuantitas sebanyak 100 cakes yang harus dijual, sehingga jika memang penjualan lebih dari 100 cakes, misalnya 101 cakes, maka akan ada profit sebesar $10.

Image Sources: SPH

Setiani Putri Hendratno, S.E., M.Ak.