Budget sering kali kita dengar di dalam kehidupan sehari-hari dan kita temui saat akan memasuki periode baru baik per quarter atau per tahunnya di dalam perusahaan dan juga UMKM. Budget adalah rencana atau plan yang dikuantitatifkan, jadi budget muncul jika ada plan yang sudah direncanakan sebelumnya (Garrison, 2015).

Bukan hanya perusahaan dan juga UMKM saja yang memiliki budget, masyarakat per individu juga memiliki budget yang dapat mereka susun per bulan, quarter, semester, atau tahun untuk membantu mereka mencapai tujuan atau goals yang diinginkan.

Di dalam budget, kita dapat melihat adanya pendapatan dan pengeluaran yang muncul akibat dari rencana yang sudah kita susun. Misal, untuk membuka usaha milk tea, maka kita harus menyusun apa yang dibutuhkan dari membuka usaha tersebut dan dapat terlihat berapa proyeksi pendapatan yang akan kita terima dan seluruh biaya yang mengikutinya.

Jadi, dalam menyusun budget, bukan berarti perseorangan dan perusahaan sekalipun langsung menyusunnya tanpa persiapan yang matang, tapi juga harus dengan data yang membantu proses penyusunan tersebut sampai dengan selesainya proyeksi. Proses pembuatan budget tersebut, mulai dari pengumpulan data sampai dengan budget yang sudah disahkan disebut sebagai budgeting.

Image sources: SPH