Proses Akuntansi Setelah Business Intellegence

Setelah perusahaan menggunakan system business intelligence, maka akuntan perusahaan tersebut hanya harus menginput jurnal-jurnal terkait, lalu program business intelligence yang akan memprosesnya hingga menjadi laporan yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan.

Jurnal

Jurnal adalah catatan semua transaksi keuangan suatu badan usaha atau organisasi yang dicatat secara kronologis dan bertujuan untuk pendataan, termasuk di dalamnya jumlah transaksi, nama-nama transaksi baik memengaruhi atau dipengaruhi, dan waktu transaksi berjalan. Dengan penggunaan business intelligence dalam sistem akuntansi perusahaan, maka terjadi perubahan pada format jurnal, karena disesuaikan dengan kemampuan system yang hanya dapat menangkap input dalam bentuk field dan row. Tetapi keterbatasan itu pula yang menjadi kelebihannya, dengan format demikian maka system dapat melakukan analisis terhadap jurnal-jurnal yang telah diinput.

General Ledger/ Buku Besar

Buku besar adalah buku utama pencatatan transaksi keuangan yang mengkonsolidasikan masukan dari semua jurnal akuntansi. Buku besar dapat memberikan informasi saldo ataupun nilai transaksi untuk setiap kode perkiraan dalam suatu periode akuntansi tertentu.

Trial Balance/ Neraca Percobaan

Trial balance/ neraca percobaan adalah sebuah daftar semua akun buku besar beserta nilainya. Dari daftar akun dan nilainya inilah yang nanti dapat dikembangkan menjadi laporan keuangan perusahaan

Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Laporan keuangan yang lengkap terdiri dari : Neraca/ Laporan Posisi Keuangan, Laporan Laba Rugi Komprehensif, Laporan Perubahan Ekuitas, Laporan Arus Kas, dan Catatan atas Laporan Keuangan.

Tools Business Intellegence

  • Microsoft Access Seringkali aplikasi IB menggunakan data yang dikumpulkan dari suatu gudang data (data warehouse) yang ada pada perusahaan. Suatu gudang data mengandung salinan dari data analitis yang memfalisitasi pengambilan keputusan. Tujuan utama dari pembuatan data warehouse adalah untuk menyatukan data yang beragam ke dalam sebuah tempat penyimpanan dimana pengguna dapat dengan mudah menjalankan query (pencarian data), menghasilkan laporan, dan melakukan analisis terkait data tersebut. Salah satu aplikasi data warehouse/ database yang cukup mudah untuk digunakan adalah Microsoft Acces. Microsoft Access adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang banyak digunakan oleh bisnis kecil dan menengah.
  • Microsoft Excel/Pivot Table Salah satu fitur utama yang dapat digunakan untuk mendukung business intelligence adalah pivot table yang ada pada Microsoft Excel. Pivot Table merupakan sebuah tools pada program Microsoft Excel yang digunakan untuk meringkas, menganalisis, serta mengeksplorasi data untuk disajikan menjadi sebuah laporan yang dibutuhkan oleh pengguna. Dengan pivot table, diharapkan pengguna dapat melakukan pembuatan laporan keuangan dan analisis keuangan lainnya secara tepat, cepat, dan akurat, sehingga dapat mendukung pengambilan keputusan-keputusan strategis perusahaan.

Perkembangan Business Intellegence

Gartner, dalam tulisannya pada tahun 2009 memprediksikan akan terjadi beberapa perkembangan dalam pasar business intelligence, yaitu :

  1. Karena kurangnya informasi, proses, dan perangkat, selama 2012, lebih dari 35 persen top 5000 perusahaan global secara regular gagal membuat keputusan yang berwawasan tentang perubahan signifikan dalam pasar dan bisnis mereka.
  2. Pada 2012, unit-unit bisnis akan mengontrol minimal 40 persen dari anggaran total perusahaan untuk business intelligence.
  3. Pada 2012, sepertiga dari aplikasi analitis yang digunakan untuk proses bisnis akan diberikan dalam bentuk aplikasi. Laporan khusus Information Management tahun 2009 memprediksi tren teratas dari business intelligence, yaitu: “komputasi hijau, jasa jaringan sosial, visualisasi data, business intelligence seluler, analitis prediktif, aplikasi komposit, komputasi awan dan multi-sentuh. Penelitian yang dilakukan tahun 2014 mengindikasikan bahwa karyawan lebih mungkin memiliki akses ke, dan lebih mungkin lagi terlibat dengan, perangkat business intelligence berbasis-awan daripada perangkat tradisional.

Referensi:

  • 2021. Pengertian Business Intelligence (BI) Dan Manfaatnya Untuk Bisnis Anda. Harmoni. Jakarta
  • 2021. Google Image.
  • Laudon, K. 2020. Management Information System. Pearson. New York.
  • Purnomo, D. 2016. Accounting model with business intelligence. Academia.