Bagian keempat dari seri hubungan antara pajak, perilaku investor dan perusahaan ini akan membahas mengenai penelitian terdahulu yang mengaitkan antara perubahan tarif pajak dengan perilaku investor. Secara spesifik, kali ini akan dibahasa keterkaitan antara perubahan tarif pajak atas dividend terhadap perubahan foreign portfolio investment.

Dalam melakukan penelitiannya, Amiram & Frank (2016) memanfaatkan perubahan peraturan pajak di Perancis dan Finlandia di tahun 2005 dan perubahan peraturan pajak di Amerika di tahun 2003. Secara khusus, perubahan peraturan pajak di Perancis dan Finlandia di tahun 2005 merupakan perubahan dimana para investor domestik akan mengalami kenaikan tarif pajak atas dividen, sedangkan perubahan tersebut tidak akan mempengaruhi investor asing. Terkait dengan perubahan pajak di Amerika Serikat, perubahan tersebut akan menurunkan tarif pajak atas dividen yang diterima oleh investor domestik, sedangkan perusabahan itu tidak akan berpengaruh pada investor asing. Dalam hal itu, Amiram & Frank (2016) berargumentasi bahwa perubahan tarif pajak yang dialami oleh investor domestik akan mempengaruhi foreign portfolio investment oleh investor asing di Perancis, Finlandia, dan Amerika Serikat.

Amiram & Frank (2016) berpendapat bahwa kepemilikan asing di Perancis dan Finlandia akan meningkat karena investor domestik akan menurunkan tingkat investasinya di negaranya sendiri. Sebaliknya, Amiram & Frank (2016) meyakini bahwa perubahan tarif pajak kepada investor domestik di Amerika Serikat akan meningkatkan permintaan investor domestik atas ekuitas di Amerika Serikat. Dalam hal itu, investor asing akan meninggalkan ekuitas perusahaan di Amerika Serikat atau dengan kata lain foreign portfolio investment dari investor asing di Amerika Serikat akan menurun. Sesuai dengan prediksi mereka, Amiram & Frank (2016) menemukan bahwa perubahan inbound foreign portfolio investment di Perancis dan Finlandia lebih besar dibandingkan dengan negara lain akibat adanya perubahan pajak di negara tersebut. Mereka juga menemukan, sesuai dengan prediksi mereka, bahwa perubahan inbound foreign portfolio investment oleh investor asing di Amerika Serikat relatif lebih rendah dibandingkan dengan negara lain setelah perusahan peraturan pajak.

Reference:

  • Amiram, D., & Frank, M. M. (2016). Foreign Portfolio Investment and Shareholder Dividend Taxes. Accounting Review, 91(3), 717–740. https://doi.org/10.2308/accr-51264

Image Sources: Google Images