Tujuan dari Financial Reporting dibagi menjadi 2 yaitu :

  • Menunjukkan sejauh mana entitas mencapai ekuitas antarperiode (yaitu, apakah tahun berjalan cukup untuk membayar jasa tahun berjalan)
  • Menunjukkan apakah entitas memperoleh dan menggunakan sumber dayanya sesuai dengan hukumnya anggaran yang diadopsi

Jadi tidak ada kumpulan laporan keuangan yang disusun berdasarkan pendapatan tunggal dan pengakuan pengeluaran dapat memenuhi kedua tujuan tersebut secara memadai. Oleh karena itu, pembuat standar harus memilih di antara tiga tindakan:

  • Mengadopsi prinsip-prinsip yang memenuhi salah satu tujuan, tetapi tidak yang lain
  • Mengadopsi prinsip-prinsip yang kompromi antara dua tujuan, memenuhi keduanya sampai batas tertentu
  • Mengembangkan model pelaporan yang menggabungkan lebih dari satu basis pendapatan dan pengeluaran pengakuan—pernyataan yang mencakup lebih dari satu dasar akuntansi atau pernyataan yang menggabungkan dua atau lebih kumpulan pernyataan dalam laporan yang sama

Prinsip-prinsip akuntansi yang diterima secara umum sebagaimana tergabung dalam Peraturan Pemerintah saat ini Governmental Accounting Standards Board (GASB) mencerminkan pendekatan ketiga. Seluruh pemerintah laporan mengkonsolidasikan semua dana secara akrual penuh (kecuali untuk dana fidusia, yang tidak dikonsolidasikan karena penerima manfaat dari sumber daya mereka adalah pihak selain pemerintah). Mereka menunjukkan apakah pendapatan tahun berjalan entitas cukup untuk membayar layanan tahun berjalan. Laporan dana, sebaliknya, menyajikan dana pemerintah pada dasar akrual yang dimodifikasi.

Basis akrual yang dimodifikasi jauh lebih berorientasi pada anggaran daripada basis akrual penuh dalam hal itu anggaran sebagian besar pemerintah berfokus pada uang tunai atau uang tunai berdasarkan. Namun, prinsip-prinsip anggaran setiap pemerintah individu ditentukan oleh: hukum negara bagian atau lokal yang berlaku. Kecuali untuk pemerintah yang memilih atau diwajibkan untuk menganggarkan dasar akrual yang dimodifikasi seperti yang didefinisikan oleh GAAP, prinsip-prinsip pendapatan dan pengeluaran yang mendasari laporan dana mereka tidak harus identik dengan anggaran mereka yang diadopsi secara legal.

laporan dana mereka tidak harus identik dengan anggaran mereka yang diadopsi secara legal. Oleh karena itu, jadwal yang menunjukkan varians antara perkiraan anggaran dan hasil aktual mungkin harus menyertakan rekonsiliasi yang menunjukkan porsi varians disebabkan oleh perbedaan prinsip akuntansi.

Dalam mengembangkan modelnya saat ini, GASB memilih untuk mempertahankan basis akrual yang dimodifikasi dari model sebelumnya—bukan basis anggaran—untuk laporan dana pemerintah. Pendekatan ini memastikan bahwa semua pemerintah melaporkan atas dasar yang sama dan dengan demikian memfasilitasi perbandingan antara entitas. Perbandingan akan menjadi sulit jika setiap entitas melaporkan secara khusus dasar anggaran.

Referensi:

  • Granof, Michael H., Saleha B. Khumawala, Thad D. Calabrese, and Daniel L. Smith. Government and not-for-profit accounting: Concepts and practices. John Wiley & Sons, 2016.
  • Salleh, K., Ab Aziz, R., & Bakar, Y. N. A. (2014). Accrual accounting in government: Is fund accounting still relevant?. Procedia-Social and Behavioral Sciences164, 172-179.

Image Sources: Google Images