Indonesia adalah negara dengan sumber daya alam yang melimpah, hutan hujan tropis yang luas, keanekaragaman hayati yang sangat besar, ketersediaan sumber daya air dan sinar matahari sepanjang tahun. Oleh karena itu, sumber daya alam Indonesia memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung pertumbuhan dan pembangunan ekonomi Indonesia. Untuk mempercepat implementasi LST, kita perlu mempersiapkan inisiatif yang mendukung inovasi-inovasi yang selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Kondisi ini menjadi dasar penyusunan Roadmap Keuangan Berkelanjutan Tahap II (2021 – 2025) yang telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari cetak biru pengembangan sektor jasa keuangan Indonesia ke depan.

Inisiatif keuangan berkelanjutan yang dikembangkan dalam Roadmap Tahap II akan mengintegrasikan tujuh komponen dalam satu kesatuan ekosistem. Adapun tujuh komponen keuangan berkelanjutan terdiri dari:

  1. Kebijakan; menyediakan pengembangan berbagai kebijakan untuk mendukung keuangan berkelanjutan.
  2. Produk; mengembangkan berbagai jenis produk dan layanan keuangan berkelanjutan
  3. Infrastruktur Pasar; mengembangkan infrastruktur teknologi dan informasi yang mendukung keuangan berkelanjutan.
  4. Koordinasi Kementerian/Lembaga (K/L) terkait; meningkatkan koordinasi dan pertukaran informasi antar kementerian/ lembaga serta pemangku kepentingan lainnya.
  5. Dukungan Non-pemerintah; dukungan dari sisi supply dan demand, dukungan riset (tenaga ahli, lembaga riset, dan universitas), dan lembaga internasional serta keanggotaan dalam fora internasional untuk pengembangan inisiatif keuangan berkelanjutan.
  6. Sumber Daya Manusia; mengembangkan kapasitas internal dan eksternal melalui program capacity building yang masif dan terstruktur.
  7. Awareness; melalui pengembangan strategi komunikasi inisiatif keuangan berkelanjutan kepada industri keuangan, pemangku kepentingan terkait, dan masyarakat.

References:

  • Otoritas Jasa Keuangan. (2021). Roadmap Keuangan BerkelanjutanTahap II (2021-2021). https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Documents/Pages/Roadmap-Keuangan-Berkelanjutan-Tahap-II-%282021-2025%29/Roadmap%20Keuangan%20Berkelanjutan%20Tahap%20II%20%282021-2025%29.pdf
  • Google Image. (2021).