Beberapa penelitian terdahulu telah memberikan bukti empiris terkait pengaruh jasa konsultasi pajak yang diberikan oleh auditor bersamaan dengan jasa audit (selanjutnya disebut auditor provided tax services atau APTS). Salah satu aliran riset terkait APTS menyatakan bahwa APTS dapat memberikan efek yang positif terhadap perikatan antara auditor dan klien. Sebagai contohnya, Kinney et al. (2004) menemukan bahwa APTS berhubungan negatif dengan kemungkinan adanya penyajian kembali laporan keuangan perusahaan. Robinson (2008) menemukan bahwa APTS membuat auditor mampu mengeluarkan opini going-concern yang tepat sebelum adanya masalah kebangkrutan. Dalam aliran ini, APTS dipandang dapat membuat auditor memiliki pemahaman yang lebih mendalam terhadap kliennya sehingga akan meningkatkan kinerja auditor tersebut. Efek ini sering disebut sebagai knowledge spillover.

Disisi lain, beberapa peneliti mempercayai bahwa APTS dapat menurunkan tingkat independensi dari auditor. Maydew & Shackelford (2007) berargumentasi bahwa dengan adanya APTS maka akan membuat partner audit memiliki rasa keengganan untuk menentang angka-angka hasil dari jasa konsultasi pajak yang dibuat oleh koleganya. Hal itu tentu saja akan menurunkan kualitas dari audit. Cook et al. (2008) menemukan bahwa APTS terkait dengan penurunan effective tax rates dari kuarter ke tiga ke kuarter ke empat pada perusahaan yang tidak akan melampaui perkiraan pendapatan dari analis. Dalam aliran ini, bukti empiris menunjukan bahwa adanya pekerjaan ganda dari auditor atas klien dapat mengakibatkan turunnya kualitas pekerjaan yang dijalankan oleh auditor.

REFERENSI:

  • Cook, K. A., Huston, G. R., & Omer, T. C. (2008). Earnings Management through Effective Tax Rates: The Effects of Tax-Planning Investment and the Sarbanes-Oxley Act of 2002. Contemporary Accounting Research, 25, 447–471.
  • Kinney, W. R., Palmrose, Z. V., & Scholz, S. (2004). Auditor Independence, Non-Audit Services, and Restatements: Was the U.S. Government Right?. Journal of Accounting Research, 42, 561–588.
  • Maydew, E., and Shackelford, D. (2007). The changing role of auditors in corporate tax planning. In: Auerbach, A., Hines, J., Slemrod, J. (Eds.), Taxing Corporate Income in the 21st Century. Cambridge University Press, New York, NY, pp. 307 – 337.
  • Robinson, D. (2008). Auditor Independence and Auditor-Provided Tax Service: Evidence from Going-Concern Audit Opinions Prior to Bankruptcy Filings. Auditing, 27, 31–54.

Image Sources: https://www.pexels.com/