Emisi Indonesia tetap berada di jalur yang meningkat. Efek COVID-19 menonjol dalam jangka pendek, tetapi tampaknya Indonesia tampaknya akan kehilangan peluang untuk mengunci pengurangan emisi yang dalam saat pulih dari pandemi. Program Pemulihan Nasional pemerintah tidak mendukung opsi rendah karbon; alih-alih, ia menjamin utilitas listrik berbobot batu bara. Climate Action Tracker (CAT) terus menilai Indonesia sebagai “Sangat Tidak Memadai”.

CAT memperkirakan emisi Indonesia akan turun 2 hingga 6% pada tahun 2020 dibandingkan dengan 2019. Penurunan yang diamati pada kuartal pertama tahun 2020 sebagian besar didorong oleh penurunan konsumsi rumah tangga dan perlambatan investasi. Indonesia juga mengalami penurunan ekspor batu bara dan minyak sawit – dua sektor ekonomi utama. Proyeksi emisi CAT Indonesia adalah 5 – 12% lebih rendah pada tahun 2030 dibandingkan dengan perkiraan kami sebelumnya pada bulan Desember 2019, secara eksklusif karena penurunan ekonomi pada tahun 2020 sebagai akibat dari pandemi dan dampaknya terhadap emisi. Ada banyak ketidakpastian, karena dampak penuh dari pandemi COVID-19 atau langkah pemulihan terhadap pembangunan ekonomi masih belum jelas. Namun, pemulihan awal Indonesia tidak menunjukkan adanya fokus pada tindakan penghijauan.

Pemerintah telah mengalokasikan sekitar Rp 720 triliun (USD 48 miliar) untuk mendanai pemulihan nasional dari COVID-19. Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) memberikan peluang untuk meningkatkan investasi dalam pembangunan rendah karbon, tetapi rencana saat ini tidak berupaya untuk mengatur negara pada jalur rendah emisi – dan perkembangan terakhir menunjukkan sebaliknya. Dukungan tambahan bahan bakar fosil sedang berlangsung dengan pemerintah menyerahkan sebagian besar rencana pemulihannya kepada perusahaan utilitas negara (PLN), tanpa menetapkan persyaratan untuk dana talangan tersebut. Indonesia berencana untuk memasang sekitar 27 GW listrik berbahan bakar batu bara pada tahun 2028: Indonesia adalah satu dari hanya lima negara di dunia yang memulai pembangunan pabrik batu bara baru pada tahun 2020 dan memiliki pipa batu bara terbesar keempat dengan lebih dari 30 GW pembangkit listrik tenaga batu bara dalam pengembangan (6% dari pangsa global).

Mengalihkan investasi dari ekspansi batu bara yang direncanakan pemerintah untuk lima tahun ke depan menuju solusi nihil karbon terbarukan sangat penting untuk membawa Indonesia ke jalur pembangunan berkelanjutan yang sesuai dengan Perjanjian Paris. Hingga Agustus 2020, rencana sektor kelistrikan PLN untuk sepuluh tahun ke depan belum dipublikasikan, yang masih memberikan kesempatan kepada pemerintah untuk menyesuaikan rencananya dan mengubah arah dari pembangunan pembangkit listrik baru berbahan bakar batubara, dan sebaliknya merencanakan pembangunan pembangkit listrik tenaga batu bara. baru saja beralih ke penghentian penggunaan batu bara pada tahun 2040. Kebijakan untuk mendukung pembangunan rendah karbon di Indonesia membutuhkan penyesuaian untuk mewujudkan potensi mitigasinya secara penuh. Beberapa elemen desain kebijakan yang mendukung penyerapan energi terbarukan dan lingkungan investasi umum masih mendukung pembangkit listrik berbahan bakar fosil dalam skala besar dan mencegah ekspansi energi terbarukan yang cepat dan berskala besar.

Pada tahun 2019, pemerintah menerapkan kebijakan suportif yang bertujuan tidak hanya untuk meningkatkan jumlah kendaraan listrik (EV) dan stasiun pengisian, tetapi juga untuk mengembangkan industri manufaktur EV lokal negara. Ini patut dipuji, tetapi untuk memanfaatkan manfaat EV untuk iklim, dukungan untuk EV perlu didefinisikan dengan jelas dan digabungkan dengan dekarbonisasi di sektor kelistrikan. Indonesia sangat mungkin mencapai target Perjanjian Parisnya, tidak termasuk sektor kehutanan, dengan kebijakan yang diterapkan saat ini. Namun, komitmen iklim Indonesia tidak sejalan dengan interpretasi apa pun dari pendekatan “adil” untuk tujuan 2 ° C sebelumnya, apalagi batas 1,5 ° C Perjanjian Paris. CAT terus menilai target NDC Indonesia (tidak termasuk kehutanan) sebagai “Sangat tidak mencukupi”.

REFERENSI:

Image Sources: Google Images