Widarjono (2009) menjelaskan bahwa Uji Lagrange Multiplier bertujuan untuk menentukan model yang terbaik antara pendekatan efek acak (random effect) dan pendekatan common effect yang sebaiknya dilakukan dalam pemodelan data panel. Lagrange Multiplier Test dan Lagrangian Multiplier Test merupakan dua istilah yang mirip. Sebab keduanya sebenarnya dua istilah yang sama maksudnya, yaitu uji Lagrange Multiplier dimana salah satu fungsi atau kegunaannya adalah untuk menentukan estimasi terbaik, apakah menggunakan random effect atau tidak. Uji Lagrange Multiplier digunakan untuk menguji signifikansi terbaik antara common effect atau random effect. Widarjono (2009), untuk mengetahui signifikansi teknik Random Effect akan diuji menggunakan uji Lagrange Multiplier (LM). Uji Lagrange Multiplier (LM) digunakan untuk memilih antara OLS (Common Effect) tanpa variabel dummy atau Random Effect. Uji signifikansi Random Effect ini dikembangkan oleh Bruesch-pagan. Uji LM digunakan untuk mengetahui apakah model Random Effect lebih baik dari metode OLS (Common Effect).

Uji Lagrange Multiplier dikembangkan oleh Breusch Pagan. Metode Breusch Pagan untuk uji signifikasi random effect didasarkan pada nilai residual dari metode Ordinary Least Square. Uji Lagrange Multiplier tidak digunakan apabila uji Chow dan uji Hausman menunjukan model yang paling tepat adalah pendekatan efek tetap (Fixed Effect). Maka dari itu Uji Lagrange Multiplier tidak digunakan dalam penelitian dan Uji Lagrange Multiplier dapat diabaikan. Uji Lagrange Multiplier Test atau biasa disebut dengan istilah Lagrangian Multiplier Test adalah analisis yang dilakukan dengan tujuan untuk menentukan metode yang terbaik dalam regresi data panel, apakah akan menggunakan common effect atau random effect.  pada uji Lagrange Multipliers jendela Eviews mengharuskan pada jendela equation biasa (bukan entry seperti pada data pool), hal ini karena yang diperbandingakan adalah pada model common effect (regresi OLS biasa).

Referensi:

  • Widarjono, Agus. 2009. Ekonometrika Pengantar dan Aplikasinya, Edisi Ketiga. Yogyakarta: Ekonesia.

Image Sources: Google Images