Pendekatan efek tetap atau fixed effect adalah bahwa suatu objek memiliki konstanta yang tetap besarannya untuk berbagai periode waktu. Demikian juga dengan koefisien regresinya, tetap besarannya dari waktu ke waktu (time invariant) (Winarno, 2015). Model fixed effect adalah model dengan intercept berbeda-beda untuk setiap subjek (cross section), tetapi slope setiap subjek tidak berubah seiring waktu (Gujarati, 2004). Model ini mengasumsikan bahwa intercept adalah berbeda setiap subjek sedangkan slope tetap sama antar subjek. Dalam membedakan satu subjek dengan subjek lainnya digunakan variabel dummy (Kuncoro, 2012). Fixed effects mengasumsikan bahwa perbedaan antar individu (cross section) dapat diakomodasi dari perbedaan intersepnya. Agar dapat mengestimasi Fixed Effects Model dengan intersep berbeda antar individu, maka digunakanlah teknik variable dummy. Model estimasi seperti ini sering kali disebut sebagai teknik Least Squares Dummy Variable atau yang disingkat dengan istilah LSDV.

Jika dalam sebuah penelitian menggunakan 10 cross section, maka jumlah variabel dummy yang digunakan sebanyak 9 variabel untuk menghindari perangkap variabel dummy, yaitu kondisi dimana terjadi kolinearitas sempurna (Gujarati, 2004). Intercept b0 adalah nilai intercept subjek kesatu dan koefisien b6 , b7 , b8 menandakan besar perbedaan antara intercept subjek lain terhadapsubjek kesatu. Model Fixed effect berbeda dengan common effect, namun tetap menggunakan prinsip ordinary least square. Asumsi dari pembuatan model yang menghasilkan intersep konstan untuk setiap cross section dan waktu dianggap kurang realistik, maka dibutuhkanlah model yang lebih dapat menangkap adanya perbedaan itu.

Sebagai contoh berikut adalah hasil interpretasi dari hasil uji Chow, uji Hausman, dan Uji Langrange Multiplier, dapat diperoleh hasil pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah fixed effect model. Berikut adalah hasil uji hipotesis dalam penelitian dapat dilihat pada table 1 sebagai berikut :

Tabel 1 Hasil Uji Hipotesis

R – Squared 0.775841
Adjusted R – Squared 0.686178
F Statistic 8.652806
Probability F (Statistic) 0.000000

Sumber : Data diolah, 2021

Referensi:

  • Gujarati, Damodar N, (2004). Basic Econometrics, Fourth edition, Singapore. McGraw-Hill Inc.
  • Kuncoro, Mudrajat. 2003. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Erlangga: Jakarta.
  • Winarno, Wahyu Wing. 2015. Analisis Ekonometrika dan Statistika dengan Eviews, Edisi Empat. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Image Sources: Google Images