Accounting

MEMAHAMI NILAI STANDARD DEVIATION (STANDAR DEVIASI) DALAM PENELITIAN ILMIAH

Nilai standard deviation merupakan suatu nilai yang digunakan dalam menentukan persebaran data pada suatu sampel dan melihat seberapa dekat data-data tersebut dengan nilai mean. Standar deviasi atau simpangan baku merupakan ukuran penyebaran yang paling baik, karena menggambarkan besarnya penyebaran tiap-tiap unit observasi (Ghozali, 2016). Standar deviasi adalah nilai akar kuadrat dari suatu varians dimana digunakan untuk menilai rata-rata atau yang diharapkan. Standar deviasi atau simpangan baku dari data yang telah disusun dalam table frekuensi. Nilai standard deviation merupakan suatu nilai yang digunakan dalam menentukan persebaran data pada suatu sampel dan melihat seberapa dekat data-data tersebut dengan nilai mean (Sekaran & Bougie, 2016).

Secara statistika dinyatakan bahwa ukuran sampel yang semakin besar diharapkan akan memberikan hasil yang semakin baik. Dengan sampel yang besar, mean dan standar deviasi yang diperoleh mempunyai probabilitas yang tinggi untuk menyerupai mean dan standar deviasi populasi. Hal ini karena jumlah sampel ada kaitannya dengan pengujian hipotesis statistika. Meskipun sampel yang besar akan semakin baik, sampel yang kecil bila dipilih secara acak dapat mencerminkan pula populasi dengan akurat (Hajar, 1996: 147).

Nilai standard deviation merupakan suatu nilai yang digunakan dalam menentukan persebaran data pada suatu sampel dan melihat seberapa dekat data-data tersebut dengan nilai mean. Sebagai contoh nilai Nilai standard deviation pada variabel keamanan system (K) dengan indikator K1 adalah 0.518, K2 adalah 0.576 dan K3 adalah 0.540. Semakin besar nilai standard deviation maka semakin beragam nilai-nilai pada item atau semakin tidak akurat dengan mean, sebaliknya semakin kecil standard deviation maka semakin serupa nilai-nilai pada item atau semakin akurat dengan mean. Sebagai contoh jika Nilai standar deviasi sebesar 1,80 dan mean sebesar 4,63 artinya data kurang bervariasi karena nilai standar deviasi lebih kecil dari pada mean.

Referensi:

  • Ghozali, I. (2016) Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  • Hajar, Ibnu, 1996. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif Dalam Pendidikan. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
  • Sekaran, U. & Bougie, R.J., (2016). Research Methods for Business: A skill Building Approach. 7th¬†Edition, John Wiley & Sons Inc. New York, US.

Image Sources: Google Images

Dr. Meiryani, S.E., Ak., M.M., M.Ak., CA.