Accounting

MEMAHAMI NILAI MEDIAN (ANGKA TENGAH) DALAM PENELITIAN ILMIAH

Nilai median merupakan angka tengah yang berada pada suatu nilai dalam sampel. Median atau nilai tengah adalah pemusatan data yang membagi suatu data menjadi setengah (50%) data terkecil dan terbesarnya. Syarat, utama untuk menentukan median adalah dengan mengurutkan data-data yang ada. Median adalah suatu nilai yang terletak di tengah kelompok data yang telah diurutkan dari nilai terkecil sampai terbesar atau sebaliknya (Ghozali, 2016).  Median adalah datum yang letaknya di tengah dari suatu data. Untuk data berjumlah ganjil kamu bisa langsung ambil angka tengahnya, tapi untuk data berjumlah genap akan ada dua angka yang ditengah. Jadi supaya bisa peroleh nilai mediannya, harus pakai rumus yang berbeda. Median adalah suatu harga yang membagi luas histogram frekuensi menjadi bagian yang sama besar.  Median digunakan untuk mencari nilai tengah dari skor total keseluruhan jawaban yang diberikan oleh responden, yang tersusun dalam distribusi data (Sekaran, U. & Bougie, R.J., 2016).

Sebagai contoh kasus nilai ujian mata kuliah system informasi akuntansi di kelas LA53, dengan jumlah 19 mahasiswa dan dengan nilai yang berbeda-beda. Untuk mengetahui berapa berapa nilai tengah atau nilai median dari nilai ujian accounting information system, maka dosen akan mengolah data dengan menggunakan rumus mean dengan menggunakan Ms Excel atau langsung pengolahan di SPSS atau software lainnya. Biasanya data yang diperoleh dari lapangan, disajikan dalam bentuk tabel dan dideskripsikan. Pendeskripsian data diperkuat dengan penyajian mean, median, modus, tabel distribusi frekuensi, dan diagram lingkaran.

Referensi:

  • Ghozali, I. (2016) Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  • Sekaran, U. & Bougie, R.J., (2016). Research Methods for Business: A skill Building Approach. 7th¬†Edition, John Wiley & Sons Inc. New York, US.

Image Sources: Google Images

Dr. Meiryani, S.E., Ak., M.M., M.Ak., CA.