Dalam penelitian ilmiah, nilai maksimum merupakan suatu nilai terbesar dari data yang dianalisis pada sampel. Dalam penelitian ilmiah, nilai maksimum ialah nilai tertinggi untuk setiap variabel yang diuji (Ghozali, 2016). Nilai maksimum adalah fungsi objektif yang menghasilkan nilai tertinggi/maksimum, misalnya laba, pendapatan dan lain sebagainya. Nilai maksimum merupakan suatu nilai terbesar dari data yang dianalisis pada data sampel dalam penelitian (Sekaran, U. & Bougie, R.J., 2016).

Untuk mencari nilai maksimum dan minimum dari data sampel dalam penelitian bisa mengunakan SPSS atau Ms Excel atau software lainnnya. Sebagai contoh penelitian menggunakan data kuesioner. Nilai maksimum Nilai maksimum didasarkan atas skor jawaban tertinggi dikalikan dengan jumlah responden lalu dikalikan dengan jumlah kuesioner. Nilai maksimum = 5 x jumlah responden x jumlah kuesioner. Sebagai contoh hasil pengolahan data nilai maksimum data keamanan system (K) seperti nilai maksimum pada indikator K1, K2 dan K3 semuanya adalah 4.000 yang berarti pada setiap indikator tersebut nilai terbesar pada sampel adalah 4.000. Untuk mencari nilai maksimum dari data sampel pada penelitian ilmiah bisa mengunakan SPSS atau Ms Excel atau software lainnnya.

Referensi:

  • Ghozali, I. (2016) Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  • Sekaran, U. & Bougie, R.J., (2016). Research Methods for Business: A skill Building Approach. 7th Edition, John Wiley & Sons Inc. New York, US.

Image Sources: Google Images