Koefisien jalur (path coefficients) merupakan suatu nilai yang berguna dalam menunjukkan arah hubungan pada variabel, apakah suatu hipotesis memiliki arah yang positif atau negatif. Path coefficients memiliki nilai yang berada di rentang -1 sampai dengan 1. Jika nilai berada pada rentang 0 sampai dengan 1 maka dapat dinyatakan positif, sedangkan jika nilai berada pada rentang -1 sampai dengan 0 maka dapat dinyatakan negatif.  Sebagai contoh berikut ini merupakan nilai path coefficients pada masing-masing variabel independen (eksogen) terhadap variabel dependen (endogen) dalam penelitian dapat dilihat pada table 1 sebagai berikut (Ghozali, 2016) :

Tabel 1 Koefisien Jalur (path coefficients)

Variabel Eksogen Variabel Endogen (Kualitas Audit)

Arah Hubungan

Penerapan AIS 0,324 Positif
Gaya Kepemimpinan 0,261 Positif

Sumber : Output SmartPLS 3.3.3, Data diolah (2021).

Dari tabel tersebut dapat dilihat Variabel Eksogen (Penerapan AIS) terhadap Variabel Endogen (Kualitas Audit) memiliki niai 0,324 dan Variabel Eksogen (Gaya Kepemimpinan) terhadap Variabel Endogen (Kualitas Audit) memiliki nilai 0,261. Oleh karena itu, arah hubungan Variabel Eksogen (penerapan AIS) terhadap Variabel Endogen (Kualitas Audit) dan Variabel Eksogen (Gaya Kepemimpinan) terhadap Variabel Endogen (Kualitas Audit) adalah positif (Ghozali, 2016).

Referensi:

  • Ghozali, I. (2016) Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Image Sources: Google Images