Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi terus mengalami perkembangan agar dapat semakin memperluas ruang lingkup serta semakin memudahkan dunia industri dalam mempertemukan minat dan kebutuhan dari para pelanggan pasar. Internet merupakan salah satu teknologi yang dapat menghubungkan antar objek melalui dunia virtual tanpa perlu bantuan manusia (Turab & Kharma, 2019). Melalui internet semakin memudahkan dalam menjalin hubungan satu sama lain, dimana dapat meningkatkan proses ekspansi bisnis, membantu mengidentifikasi perkembangan trend, mengetahui laju pertumbuhan dunia industri, hingga memberikan banyak peluang baru bagi pengguna teknologi. Hal inilah yang semakin mendorong pertumbuhan teknologi semakin besar dan sangat diperlukan untuk membantu menunjang kehidupan masyarakat maupun perusahaan.

Seiring dengan perkembangan zaman, tentu semua orang sudah tidak asing lagi dengan internet. Menurut Gubbi et al., (2013) Pengembangan IoT telah menghasilkan 3 jenis, yang terdiri:

  1. Internet:
    Internet merupakan jaringan yang sangat luas dalam sistem teknologi informasi yang mampu menghubungkan antar perangkat di seluruh dunia dalam waktu singkat melalui pengembangan jaringan yang kompleks dan tersebar. Pada jaringan ini memungkinkan untuk dapat diakses public, sehingga banyak masyarakat yang mengiimkan data dalam website www (world wide web), social media, dan lainnya.
  2. Intranet:
    Intranet merupakan sebuah jaringan yang bersifat private dan tertutup, dimana hanya dapat digunakan dalam satu tempat saja, seperti contoh perusahaan, perguruan tinggi, dan lainnya yang menggunakan suatu jaringan server yang hanya dapat diakses selama user tersebut berada di dalamnya. User tetap dapat mengakses kedalam server intranet dari luar, hanya saja perlu menerima akses melalui VPN (Virtual Private Network) yang menembus ke berbagai pengamanan seperti firewall. Hal ini bertujuan untuk menjamin tingkat keamanan data sangat tinggi untuk terjaga dari peterasan.
  3. Ekstranet:
    Sistem ini merupakan versi dari intranet yang dapat diakses oleh beberapa orang di sisi eksternal perusahaan yang dibagikan kepada lebih dari satu organisasi. Penjelasan singkatnya, server ini dapat diakses oleh beberapa pihak melalui jaringan pribadi (klien, vendor, pemasok, dan partner) untuk menjalin komunikasi.

REFERENSI:

  • Gubbi, J., Buyya, R., Marusic, S., & Palaniswami, M. (2013). Internet of Things (IoT): A vision, architectural elements, and future directions. Future Generation Computer Systems. https://doi.org/10.1016/j.future.2013.01.010
  • Turab, N., & Kharma, Q. (2019). Secure medical internet of things framework based on Parkerian Hexad Model. International Journal of Advanced Computer Science and Applications. https://doi.org/10.14569/ijacsa.2019.0100608