Christine Michaela mahasiswa program studi Akuntansi Universitas Bina Nusantara Binusian 2021 menyelesaikan kuliah program sarjana dalam 7 semester saja, atau setara dengan tiga setengah tahun. Selain itu penelitian skripsinya dipublikasikan di seminar internasional 7th International Conference on E-Business and Applications-ICEBA 2021. dan berhasil mendapatkan excellent presentation award. Conference tersebut diselenggarakan secara online, virtual conference dari Singapore, pada tanggal 24-26 Februari 2021. Pada conference tersebut, Christine Michaela mempresentasikan paper hasil penelitian berjudul How Audit Opinion Increase Value Added in Indonesian Sustainability Index Corporation

Gambar 1 Foto Presentasi Christine Michaela

Paper tersebut membahas tentang bagaimana opini audit mampu mempengaruhi nilai perusahaan, keunikan dari penelitian ini adalah karena mengambil sampel dari perusahaan indeks SRI Kehati.(Dewi & Oriana, 2014). Indeks SRI KEHATI beranggotakan perusahaan yang tidak hanya bagus kenerja keuangannya saja, tetapi juga perusahaan dengan sustainability dan kepedulian lingkungan yang tinggi. Untuk dapat terindeks di indeks SRI KEHATI kriterianya sangat ketat, sehingga sulit bagi perusahaan untuk dapat masuk dan bertahan disana. Perusahaan yang terindeks direview selama 6 bulan sekali, dan perusahaan yang tidak memenuhi dapat dikeluarkan. Sample penelitian adalah perusahaan yang terdaftar di indeks SRI KEHATI selama 3 tahun berturut-turut, tanpa pernah delisting dari indeks tersebut (Marwa et al., 2017). Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menguji hipotesis. Penelitian menggunakan empat variable independen yaitu: Profitability, Company Size, Public Accounting Firm Size dan Audit Opinion. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa brand image kantor akuntan publik yang branded, ukuran perusahaan, besarnya laba dan opini audit yang baik (wajar tanpa pengecualian) mempengaruhi nilai perusahaan.

Gambar 2. Sertifikat Excellent Paper Christine Michaela

Pada sesi presentasi tersebut, Christine Michaela mendapatkan award excellent paper presenter dari session chair Prof Hajime Tozaki dari Waseda University, Jepang. Paper ini dipublikasikan pada ACM digital Library yang Terindex Scopus (Handoko & Michaela, 2021). Semoga dengan adanya publikasi hasil penelitian dari skripsi Christine Michaela ini dapat menjadi contoh bagi mahasiswa lainnya untuk meningkatkan minat mahasiswa di bidang penelitian, bagaimana menghasilkan penelitian yang berkualitas sehingga dapat dipublikasi secara internasional dan mendapat penghargaan.

Referensi:

  • Dewi, V. I., & Oriana, F. (2014). INDEKS SRI-KEHATI DAN REAKSI HARGA SAHAM EMITEN TERHADAP PENGUMUMAN INDEKS SRI-KEHATI (Studi Kasus pada Indeks SRI-KEHATI). Universitas Katolik Parahyangan.
  • Handoko, B. L., & Michaela, C. (2021). How Audit Opinion Increase Value Added in Indonesian Sustainability Index Corporation. ACM International Conference Proceeding Series, 101–110. https://doi.org/10.1145/3457640.3457663
  • Marwa, A., Isynuwardhana, D., & Nurbaiti, A. (2017). Intangible Asset , Profitabilitas , Dan Sustainability Report Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi Kontemporer (JRAK), 9(2), 80–88.