Population, Element, Sample dan Subject

Survei berguna untuk menemukan jawaban atas pertanyaan penelitian melalui pengumpulan data dan untuk melakukan analisis berikutnya. Akan tetapi hasil survei  akan menimbulkan masalah jika populasi tidak ditargetkan dengan benar. Artinya, jika data tidak dikumpulkan dari people, events, atau objects yang dapat memberikan jawaban yang benar untuk menyelesaikan masalah, maka survei akan sia-sia. Proses pemilihan people, events, atau objects yang tepat untuk dipelajari dikenal sebagai sampling.

beberapa istilah yang harus dipahami yaitu:

Population

Populasi mengacu pada seluruh kelompok orang, peristiwa, atau hal-hal yang menarik yang ingin diselidiki oleh peneliti. Misalnya, jika CEO perusahaan komputer ingin mengetahui jenis strategi iklan yang diadopsi oleh perusahaan komputer di Silicon Valley, maka semua perusahaan komputer yang terletak di sana akan menjadi populasi. Jika seorang bankir tertarik untuk menyelidiki kebiasaan tabungan pekerja “kerah biru” di industri pertambangan di Amerika Serikat, maka semua pekerja “kerah biru” di industri itu di seluruh negeri akan membentuk populasi. Jika seorang konsultan organisasi tertarik untuk mempelajari efek dari minggu kerja 4 hari pada pekerja kerah putih di sebuah perusahaan telepon di Illinois Selatan, maka semua pekerja kerah putih di perusahaan itu akan membentuk populasi. Jika regulator ingin tahu bagaimana pasien di panti jompo yang dijalankan oleh Beverly Enterprises dirawat, maka semua pasien di semua panti jompo yang dijalankan oleh mereka akan membentuk populasi. Namun, jika regulator hanya tertarik pada satu panti jompo tertentu di Michigan yang dijalankan oleh Beverly Enterprises, maka hanya pasien di panti jompo specific yang akan membentuk populasi.

Element

Elemen adalah anggota tunggal dari populasi. Jika 1.000 pekerja “kerah biru” dalam organisasi tertentu kebetulan adalah populasi yang menarik bagi seorang peneliti, setiap pekerja kerah biru di dalamnya adalah elemen. Jika 500 potong mesin harus disetujui setelah memeriksa beberapa, akan ada 500 elements dalam populasi ini.

Sampel

Sampel adalah subkumpulan populasi. Ini terdiri dari beberapa anggota yang dipilih darinya. Dengan kata lain, beberapa, tetapi tidak semua, elemen populasi akan membentuk sampel. Jika 200 anggota diambil dari populasi 1.000 pekerja kerah biru, 200 anggota ini membentuk sampel untuk penelitian ini. Artinya, dari studi terhadap 200 anggota ini, peneliti akan menarik kesimpulan tentang seluruh populasi dari 1.000 pekerja kerah biru. Demikian juga, jika ada 145 pasien dalam rumah sakit dan 40 di antaranya akan disurvei oleh administrator rumah sakit untuk menilai tingkat kepuasan mereka dengan perawatan yang diterima, maka 40 mem- bers ini akan menjadi sampel.

Dengan demikian, sampel adalah subkelompok atau subkumpulan populasi. Dengan mempelajari sam-ple, peneliti harus dapat menarik kesimpulan yang akan generaliz – mampu populasi yang menarik.

Subjek

Subjek adalah anggota tunggal dari sampel, sama seperti elemen adalah satu member dari populasi. Jika 200 anggota dari total populasi 1.000 pekerja kerah biru membentuk sampel untuk penelitian, maka setiap pekerja kerah biru dalam sampel adalah subjek. Sebagai contoh lain, jika sampel 50 mesin dari total 500 mesin harus diperiksa, maka setiap satu dari 50 mesin adalah subjek, sama seperti setiap mesin tunggal dalam total populasi 500 mesin adalah elemen.

HHM 

Reference:

Uma SekaranRoger Bougie, 2016. Chichester, West Sussex, United Kingdom John Wiley & Sons