Oleh: Lusianah, S.E., M.Ak.

Pemahaman tentang konsep dan prinsip dasar akuntansi, dapat membantu kita dapat membuat keputusan yang lebih tepat, berkontribusi pada perencanaan strategis, dan membangun serta menjalankan bisnis.

Berikut adalah 5 (lima) langkah yang harus diambil untuk mulai belajar akuntansi bagi pemula sekaligus pemilik bisnis:

  1. Pelajari bagaimana membaca dan menganalisis laporan keuangan

Mulailah belajar akuntansi keuangan bisnis Anda dengan mempelajari cara membaca dan menganalisis tiga laporan keuangan utama: neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas. Dokumen ini berisi informasi berharga tentang pengeluaran, penghasilan, laba, dan kesehatan keuangan perusahaan Anda secara keseluruhan.

Memahami laporan ini berguna untuk mengetahui seluk beluk keuangan organisasi Anda. Pengetahuan ini dapat digunakan untuk menginformasikan proyek dan investasi mana yang Anda kejar dan membentuk bagaimana Anda memengaruhi profitabilitas perusahaan Anda.

Memiliki pemahaman yang kuat tentang komponen setiap laporan keuangan dan bagaimana menganalisisnya juga akan mempersiapkan Anda untuk mengambil prinsip akuntansi keuangan yang lebih kompleks.

  1. Pilih Metode Pembelajaran

Anda memiliki berbagai pilihan ketika belajar tentang akuntansi keuangan, termasuk kelas tatap muka, kursus online, buku teks dan publikasi akuntansi, dan mentoring dari rekan kerja. Masing-masing datang dengan pro dan kontra, tergantung pada keadaan Anda.

  1. Dedikasikan waktu untuk belajar

Pastikan Anda mendedikasikan waktu belajar untuk memahami konsep masing-masing akun secara mendalam sebelum melanjutkan akan membangun dasar yang kuat untuk mempelajari prinsip-prinsip yang lebih lanjut.

  1. Fokus pada penerapan akuntansi di dunia nyata

Saat mempelajari prinsip dan persamaan akuntansi keuangan, perlu diingat bahwa tujuannya bukanlah menghafal, tetapi penerapan. Menerapkan persamaan dan konsep pada pengalaman pribadi dapat menambah rasa keterkaitan dan pemahaman pada pembelajaran Anda.

  1. Bangun jaringan dengan professional akuntansi lainnya

Buatlah titik untuk terhubung dengan profesional lain yang belajar tentang akuntansi keuangan. Menjadi bagian dari jaringan pelajar yang berdedikasi dapat memberikan dukungan dan motivasi saat Anda mengasah keterampilan akuntansi Anda.

 

Referensi:

  • Google Image. 2020
  • https://accurate.id/akuntansi/5-langkah-mudah-belajar-akuntansi/