Dalam desain pengambilan sampel nonprobabilitas, elemen dalam populasi tidak memiliki probabilitas yang melekat pada pemilihan mereka sebagai subjek sampel. Ini berarti bahwa temuan dari studi sampel tidak dapat secara meyakinkan digeneralisasikan ke populasi. Seperti yang dinyatakan sebelumnya, bagaimanapun, peneliti terkadang kurang peduli tentang generalisasi daripada mendapatkan beberapa informasi awal dengan cara yang cepat dan murah. Mereka kemudian akan menggunakan sampel nonprobabilitas. Terkadang pengambilan sampel nonprobabilitas bisa menjadi satu-satunya cara untuk mendapatkan data.

Beberapa rencana pengambilan sampel nonprobabilitas lebih dapat diandalkan daripada yang lain dan dapat menawarkan beberapa petunjuk penting pada informasi yang berpotensi berguna terkait dengan populasi.

Convenience sampling

Sesuai dengan namanya, convenience sampling mengacu pada pengumpulan informasi dari anggota populasi yang tersedia untuk menyediakannya. Orang akan berharap bahwa kontes ―Pepsi Challenge diberikan atas dasar convenience sampling. Kontes semacam itu, dengan tujuan untuk menentukan apakah orang lebih menyukai satu produk daripada yang lain, mungkin diadakan di pusat perbelanjaan yang dikunjungi banyak pembeli. Mereka yang cenderung mengikuti tes dapat membentuk sampel untuk studi tentang berapa banyak orang yang lebih memilih Pepsi daripada Coke atau produk X daripada produk Y. Sampel semacam itu adalah sampel yang praktis.

Perhatikan contoh lain. Sampel praktis dari lima petugas yang menghadiri demonstrasi showcase pesaing di pameran daerah pada malam sebelumnya menawarkan informasi kepada wakil presiden perusahaan tentang produk ―baru pesaing dan strategi penetapan harga mereka, yang membantu VP untuk merumuskan beberapa gagasan tentang langkah selanjutnya yang akan diambil oleh perusahaan.

Pengambilan sampel secara praktis paling sering digunakan selama fase eksplorasi proyek penelitian dan mungkin merupakan cara terbaik untuk mendapatkan beberapa informasi dasar dengan cepat dan efisien.

Purposive Sampling

Pengambilan sampel di sini dibatasi pada jenis orang tertentu yang dapat memberikan informasi yang diinginkan, baik karena hanya mereka yang memilikinya, atau sesuai dengan beberapa kriteria yang ditetapkan oleh peneliti. Jenis desain pengambilan sampel ini disebut purposive sampling, dan dua jenis utama dari purposive sampling — pengambilan sampel penilaian dan pengambilan sampel kuota.

Judgment Sampling

Pengambilan Judgment Sampling melibatkan pilihan subjek yang paling menguntungkan ditempatkan atau pada posisi terbaik untuk memberikan informasi yang diperlukan. Misalnya, jika seorang peneliti ingin mengetahui apa yang diperlukan manajer perempuan untuk mencapai puncak, satu-satunya orang yang dapat memberikan informasi langsung adalah perempuan yang telah naik ke posisi presiden, wakil presiden, dan atasan penting. level eksekutif dalam organisasi kerja. Mereka dapat secara wajar diharapkan untuk memiliki pengetahuan ahli berdasarkan pengalaman dan proses yang telah mereka alami sendiri, dan mungkin dapat memberikan data atau informasi yang baik kepada peneliti. Jadi, desain pengambilan sampel penilaian digunakan ketika sejumlah atau kategori orang tertentu memiliki informasi yang dicari. Dalam kasus seperti itu, semua jenis pengambilan sampel probabilitas di seluruh bagian populasi tidak memiliki tujuan dan tidak berguna.

Pengambilan Judgment Sampling dapat membatasi generalisasi temuan, karena kami menggunakan sampel ahli yang tersedia untuk kami. Namun demikian, ini adalah satu-satunya metode pengambilan sampel yang layak untuk memperoleh jenis informasi yang diperlukan dari kantong orang-orang yang sangat spesifik yang hanya memiliki fakta-fakta yang dibutuhkan dan dapat memberikan informasi yang dicari. Dalam pengaturan organisasi, dan khususnya untuk riset pasar, pemimpin opini yang sangat berpengetahuan dimasukkan dalam sampel. Pendapat, pandangan, dan pengetahuan yang tercerahkan merupakan sumber data yang kaya.

Pengambilan Judgment Sampling memerlukan upaya khusus untuk menemukan dan mendapatkan akses ke individu yang memiliki informasi yang diperlukan. Seperti yang telah dinyatakan, desain pengambilan sampel ini mungkin satu-satunya yang berguna untuk menjawab jenis pertanyaan penelitian tertentu.

Quota Sampling

Quota sampling, jenis kedua dari purposive sampling, memastikan bahwa kelompok tertentu terwakili secara memadai dalam penelitian melalui penetapan kuota. Umumnya, kuota yang ditetapkan untuk setiap subkelompok didasarkan pada jumlah total setiap kelompok dalam populasi. Namun, karena ini adalah rencana pengambilan sampel nonprobabilitas, hasilnya tidak dapat digeneralisasikan untuk populasi.

HHM

Reference:

Uma SekaranRoger Bougie, 2016. Publisher: Chichester, West Sussex, United Kingdom John Wiley & Sons