THE ROLE OF THE AIS IN THE VALUE CHAIN

Tujuan dari organisasi adalah untuk meningkatkan nilai bagi pelanggan. Value chain sebuah organisasi terdiri dari aktivitas utama yang secara langsung menyediakan nilai bagi pelanggan yaitu:

  1. Inbound Logistics

terdiri dari menerima, menyimpan, dan mendistribusikan bahan baku dari sebuah organisasi yang akan digunakan untuk menyediakan jasa atau barang untuk dijual.

  1. Operations 

merupakan proses pengubahan input (masukan) menjadi barang jadi atau jasa.

  1. Outbound Logistics 

merupakan proses distribusi barang jadi atau jasa kepada pelanggan.

  1. Marketing and Sales 

merupakan kegiatan untuk membantu pelanggan membeli barang atau jasa. Iklan adalah salah satu contoh dari kegiatan pemasaran dan kegiatan penjualan.

  1. Service 

merupakan kegiatan yang menyediakan pelayanan setelah penjualan kepada pelanggan. Contohnya adalah jasa perbaikan dan pemeliharaan.

Aktivitas pendukung (support activitiesberfungsi untuk mendukung aktivitas utama (primary activities) untuk bekerja secara efektif dan efisien. Aktivitas pendukung ini dikelompokkan menjadi lima kategori yaitu:

  1. Firm infrastructur (infrastruktur perusahaan)

terdiri dari akuntansi, keuangan, hukum dan administrasi umum. AIS adalah bagian dari infrastruktur perusahaan;

  1. Human resources (sumber daya manusia)

terdiri dari proses rekruitmen, penggajian, training, dan menyediakan manfaat dan kompensasi bagi kayrawan;

  1. Technology 

bertujuan untuk meningkatkan nilai dari barang dan jasa.

  1. Purchasing 

merupakan kegiatan untuk mengadakan bahan baku, persediaan, mesin, dan bangunan yang digunakan untuk menjalankan aktivitas utama

Aktivitas utama dan pendukung merupakan subsistem dari sistem value chain. Value chain sebuah organisasi merupakan bagian dari sistem yang lebih besar yaitu rantai suplai (supply chain).  Supply chain bisa dilihat pada gambar dibawah ini yang dimulai dari pemasok bahan baku, pabrik, distributor, pengecer hingga konsumen akhir. Terlihat bahwa perusahaan manufaktur berinteraksi dengan pemasok bahan baku dan distributor.

HHM

REFERENSI:

Romney and Steinbart. 2015. Accounting information System, 13th ed. Pearson Education Inc.