Oleh: Setiani Putri Hendratno

Sebagai salah satu profesi yang sangat memegang erat etika professional dalam bekerja, akuntan dilarang keras untuk membeberkan informasi yang berkaitan dengan manajemen walaupun termasuk hal-hal kecil sekalipun.

Misalnya, informasi terkait dengan biaya main golf direktur, informasi terkait dengan reimburse kesehatan yang dapat direimburse ke perusahaan, dan informasi direktur pergi ke luar negri, serta sebagainya sepatutnya tidak diinformasikan kepada pihak luar.

Divisi Finance and Accounting di dalam perusahaan memegang peranan penting karena dari sanalah cash in dan cash out muncul, serta adanya pencatatan yang jelas terkait dengan keuangan operasional yang digunakan, sehingga dari pendapatan sampai pengeluran kecilpun biasanya kita mengetahui hal tersebut.

Tapi, bukan berarti kita bisa dengan mudah membeberkan dan bergosip terkait dengan pengeluaran yang ada di dalam perusahaan, terlebih yang berkaitan dengan hal pribadi dari para petinggi perusahaan yang dicover oleh perusahaan itu sendiri, termasuk gaji.

Jangan karena kita mengetahui gaji dari seluruh karyawan dari level direktur sampai kepada staff, bukan berarti kita bisa membeberkannya kemana-mana dan membuat banyak orang menjadi tidak nyaman atas hal tersebut. Gaji sebaiknya hanya diketahui oleh atasan dan juga HRD, bahkan banyak yang atasan pada level supervisor dan manager tidak mengetahui gaji timnya karena memang confidential dan tidak sopan jika diketahui.

Kerahasiaan menjadi salah satu yang harus dimiliki oleh akuntan di dalam perusahaan, termasuk juga akuntan pada akuntan publik pada saat mengaudit perusahaan klien. Rahasia yang berhubungan dengan perusahaan tersebut seharusnya hanya diungkapkan pada saat diperlukan seperti kewajiban professional dan juga keterkaitannya dengan hokum.

Jadi, jaga kerahasiaan dari data perusahaan dan juga memegang teguh integritas dari perusahaan kepada kalian. Dengan menerapkan kedua hal itu daru banyak hal lainnya yang akuntan harus jaga, semoga kalian bisa menjadi akuntan yang sukses.