Oleh: Setiani Putri Hendratno

Pernah dengar isu gak enak sebelumnya terkait mahasiswa/I yang dilabel gak sopan sama perusahaan? Bisa saja memang itu terjadi karena perbedaan generasi atau tutur kata dalam komunikasi, terlebih saat pandemic COVID-19 yang mengharuskan semua pekerja untuk bekerja di rumah atau WFH. Tentu dengan tidak bertatap muka, bisa menimbulkan kesalahpahaman yang terjadi jika hanya mengandalkan dari sisi ketikan saja. Oleh karena itu, penting untuk menjada kesopanan pada saat berkomunikasi melalui social media pada masa pandemic COVID-19 ini.

Hal yang perlu dilakukan adalah:

  1. Memberikan salam saat memulai pembicaraan.
  2. Menyebutkan nama pada saat berbincang awal kepada nomor yang dituju, agar tidak terkesan tidak sopan kepada nomor yang dituju.
  3. Menyebutkan kronologi jika memang diperlukan atau langsung to the point kepada masalah yang akan dibahas melalui chat tersebut.
  4. Berterima kasih karena sudah diberikan kesempatan untuk chat.

Hal yang perlu diperhatikan saat hendak chat:

  1. Perhatikan jam kerja dari supervisor
  2. Tidak chat pada saat hari libur kecuali urgent.
  3. Izin menelpon terlebih dahulu jika ingin menelpon dengan cara chat, kecuali hal mendadak.
  4. Menginformasikan kepada supervisor jika memang tidak bisa masuk ke kantor.