Oleh : Levana Dhia Prawati

Apa yang dimaksud dengan Transfer Pricing? Kemudian, bagaimana bentuk Internasional Transfer Pricing tersebut? Apakah International Transfer Pricing terjadi di dunia usaha?

Pertanyaan-pertanyaan ini hanya sebagian dari pertanyaan yang muncul dari masyarakat pada umumnya.

Tulisan berikut akan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai Transfer Pricing.

TRANSFER PRICING

Transfer Pricing mengacu pada penentuan harga saat terjadi transaksi antara pihak terkait. Transaksi bisa berbentuk transfer antara perusahaan anak ke perusahaan induk, dari perusahaan induk ke perusahaan anak, atau transfer antar perusahaan anak.

Transaksi atau transfer yang terjadi pihak terkait sering disebut juga intercompany transactions.

INTERNATIONAL TRANSFER PRICING

International Transfer Pricing merujuk kepada intercompany transaction yang terjadi antar perusahaan afiliasi di negara yang berbeda.

Faktor yang mempengaruh terjadinya international transfer pricing adalah:

  1. Berkaitan dengan pengendalian manajemen dan evaluasi kinerja
  2. Berkaitan dengan usaha meminimalkan satu atau lebih biaya
  3. Berkaitan dengan faktor hukum dari negara dimana perusahaan terafiliasi berada

DESENTRALISASI DAN KESESUAIAN TUJUAN

Pada umumnya, perusahaan bisnis diorganisasikan berdasarkan divisi. Divisi tersebut bisa merupakan pusat laba, bertanggung jawab terhadap pendapatan dan biaya operasi, atau merupakan pusat investasi, yang juga bertanggungjawab atas asset. Bentuk organisasi ini memberikan otoritas dan tanggungjawab pencapaian kinerja ke manajer divisi.

Sistem Desentralisasi memiliki keuntungan antara lain:

  • Memberi kesempatan ke manajer local untuk bertindak cepat terhadap perubahan lingkungan
  • Permasalahan besar atau kompleks bisa lebih mudah dipecahkan
  • Memotivasi manajer local untuk lebih berani mengambil keputusan dibandingkan harus menjalankan keputusan pihak lain.

Sistem Desentralisasi juga memiliki potensial disadvantages. Keputusan yang dibuat oleh Manajer Divisi seringkali didasari oleh kepentingan diri sendiri. Oleh karena itu, system pengendalian dan system akuntansi perusahaan haruslah didesain sedemikian rupa sehingga keputusan manajer divisi sejalan dengan tujuan perusaan. Hal ini disebut dengan Goal Congruence.

Harga transfer yang terjadi karena adanya transfer antar pihak berelasi dapat menentukan nilai pendapatan yang didapatkan penjual, biaya yang diakui oleh pembeli, dan mempengaruhi laba operasi dan kinerja dari kedua pihak berelasi yang terlibat.

METODE TRANSFER PRICING

  1. Cost-based Transfer Price

Transfer Price didasarkan pada biaya produksi dari barang atau jasa. Dalam transfer price tersebut termasuk profit margin bagi penjual.

  1. Market-based Transfer Price

Transfer price didasarkan pada harga yang diberikan kepada konsumen yang tidak berelasi atau ditentukan berdasarkan harga penjualan untuk produk atau jasa sejenis yang dilakukan oleh perusahaan lain.

  1. Negotiated Price

Transfer Price merupakan hasil negosiasi antara pembeli dan penjual, dan bisa saja tidak berhubungan dengan biaya atau harga pasar.

TUJUAN INTERNATIONAL TRANSFER PRICING

  1. EVALUASI KINERJA

Untuk bisa secara adil mengevaluasi kinerja kedua pihak yang terlibat dalam transaksi antar pihak berelasi, harga transfer harus harga yang dapat diterima oleh kedua pihak berelasi. Harga tersebut dapat ditentukan berdasarkan referensi dari harga pasar, atau berdasarkan harga negosiasi antara pihak. Kebijakan dalam penetapan harga haruslah mempertimbangkan evaluasi kinerja kedua pihak berelasi, jika tidak, akan memunculkan disfungsional perilaku manajer, sehingga goal congruence tidak terjadi.

  1. MINIMALISASI COST

Ketika transaksi antara pihak berelasi berada di negara yang berbeda, akan muncul usaha untuk meminimalkan cost tertentu melalui diskresi transfer price yang ditentukan oleh kantor pusat.

Praktek diskresi transfer price yang biasa dilakukan adalah meminimalkan pajak penghasilan global dengan cara mencatatkan laba pada negara yang menerapkan presentase pajak rendah.

Referensi :

International Accounting, Timothy Doupnik & Hector Perera, Fourth Edition, McGrawHill Eduction,2012

 

Image Sources: Google Image

LDP