Oleh: Setiani Putri Hendratno

Akuntan memegang peranan penting di dalam perusahaan karena akuntan melakukan pencatatan atas aktiviitas pengunaan keuangan yang dilakukan perusahaan. Akuntan memang lebih kepada pencatatan yang berhubungan dengan keuangan dibandingkan dengan non keuangan, namun bukan berarti akuntan hanya berpacu kepada keuangan saja. Di dalam organisasi atau perusahaan manapun, inti dari perusahaan atau bagian akhir dari seluruh aktivitas perusahaan, pasti akan ada pada divisi Accounting harus membuat laporan keuangan atas yang dilakukan oleh perusahaan dan berkomunikasi dengan seluruh stakeholder dari perusahaan tersebut.

Oleh karena itu, penting juga bagi seorang akuntan untuk mengetahui bisnis yang dilakukan oleh perusahaan. Bukan hanya dengan menunggu dari data dari divisi lain, namun juga bisa dengan kunjungan kepada lokasi bisnis perusahaan jika memang diberikan izin. Penting sebagi akuntan untuk mengetahui segmen pasar, jenis bisnis, dan jenis produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan agar nantinya tidak akan salah pada saat mengkomunikasikan laporan keuangan perusahaan kepada stakeholder.

Dengan adanya peranan penting dari akuntan ini, menjadikan akuntan harus bisa flexible dengan perusahaan dan mampu beradaptasi dengan perusahaan tempat mereka bekerja. Misalnya pada saat awal kalian mengambil konsentrasi audit dan kemudian kalian bekerja di KAP pada saat internship dan saat fresh graduate dari perkuliahan, bukan menutup kemungkinan kalian juga akan pindah ke perusahaan. Banyak perusahaan yang membuka lowongan pada level management dengan syarat harus pernah di KAP terlebih dahulu sebelumnya.

Sebagai seorang akuntan tentu kalian dapat bekerja di semua jenis organisasi baik yang profit maupun non profit, tentu kalian sangat flexible untuk dapat bekerja di organisasi manapun sebagai seorang akuntan yang memegang teguh etika profesi dan juga dapat beradaptasi dengan lingkungan tempat kerja kalian.

Jika kalian ingin bekerja di perusahaan game, perusahaan fashion, perusahaan agency artis, pengelola galeri seni, event organizer, rumah sakit, sekolah, universitas, bahkan menjadi freelancer yang mengatur keuangan youtuber, kalian bisa  berkarir di sektor usaha manapun.

Bagaimana? Apakah kalian semakin tertarik untuk meniti karir kalian?