Oleh: Jonathan Tanuwijaya

Data-data yang berkaitan dengan akuntansi yang telah diolah menjadi berbagai informasi pasti diperlukan oleh banyak pihak, mulai dari eksternal dan internal. Akuntansi dapat memberikan berbagai informasi seputar keadaan keuangan suatu dari suatu perusahaan. Berikut ini merupakan orang-orang yang menerima informasi dari keadaan keuangan perusahaan, diantaranya:

Pengguna Internal Informasi Akuntansi
Pengguna internal informasi akuntansi yaitu kelompok atau orang-orang yang berada di dalam organisasi atau perusahaan, diantaranya:
1. Pemilik ( Owner)
Pemilik yang menyediakan dana atau modal bagi suatu organisasi ataupun perusahaan mempunyai rasa ingin tahu untuk mengetahui seputar bisnis yang sedang mereka menjalankan. Apakah modal atau dana yang mereka tanamkan dapat bekerja dengan baik atau tidak. Pemilik akan selalu mengawasi pengembalian dari investasi. Kemudian membandingkan rekening berbagai tahun dalam membantu mendapatkan berbagai informasi yang bang baik. Pemilik juga lah yang menentukan jumlah goodwill serta memfasilitasi dalam penilaian berbagai jenis pajak.
2. Manajemen
Manajemen atau pengelola bisnis sangat tertarik untuk mengetahui Di mana posisi perusahaan. manajemen bisa mempelajari kerugian dan keuntungan dari kegiatan usaha yang sedang dijalankan. Dengan begitu, manajemen sangat tertarik dan membutuhkan informasi akuntansi keuangan untuk menemukan apakah usaha yang mereka kelola menguntungkan atau tidak.
3. Pegawai
Pembayaran bonus ada pegawai tergantung pada jumlah laba yang diperoleh oleh setiap perusahaan. Poin terpenting yaitu bahwa pegawai mengharapkan penghasilan tetap supaya dapat memenuhi kebutuhan. Pegawai tertarik di bidang informasi akuntansi sebab permintaan untuk kenaikan upah, bonus, kondisi kerja yang lebih baik dan sebagainya tergantung pada profitabilitas dari perusahaan dan pada gilirannya tergantung pada posisi keuangan.
Pengguna eksternal informasi akuntansi
Pengguna eksternal formasi akuntansi yaitu kelompok ataupun orang-orang yang berada di luar organisasi atau perusahaan tapi untuk siapa fungsi akuntansi dilakukan, diantaranya:
1. Kreditur
Kreditur merupakan orang yang bertugas memasok barang secara kredit, atau bankir ataupun pemberi pinjaman uang. Hal ini memang biasa karena memang orang ini tertarik untuk mengetahui tingkat kesehatan keuangan sebelum memberikan kredit kepada nasabah.
2. Investor
Sebelum menginvestasikan uang kepada suatu perusahaan atau organisasi tertentu, calon investor tentu saja ingin melihat semua orang pada perusahaan tersebut. Caranya yaitu dengan melihat laporan keuangan perusahaan. mereka memerlukan informasi melalui akuntansi yang memungkinkan mereka untuk mengetahui keamanan investasi.
3. Pemerintah
Pemerintah akan selalu mencermati perusahaan yang menghasilkan seperti jumlah keuntungan. Pusat pemerintahan dan negara tertarik dalam laporan keuangan supaya bisa mengetahui pendapatan untuk tujuan perpajakan guna mengkompilasi aku nasional akuntansi yang sangat penting.
4. Konsumen
Para konsumen selalu tertarik mendapatkan barang dengan harga yang murah. Oleh sebab itu, konsumen ingin mengetahui pembentukan laporan akuntansi yang tepat, tujuannya yaitu supaya bisa mengurangi biaya produksi.
5. Lembaga keuangan
Lembaga keuangan dan perbankan yang bertugas memberi pinjaman untuk berbagai bisnis membutuhkan pengetahuan kelayakan kredit dari suatu bisnis. Mereka meminjamkan uang dan pasti memerlukan informasi akuntansi supaya bisa menganalisa perusahaan profitabilitas, likuiditas serta posisi keuangan sebelum memberikan sejumlah pinjaman kepada suatu perusahaan.
6. Otoritas pajak
Supaya dapat menentukan kredibilitas pajak, maka diajukan lah persyaratan pajak atas nama perusahaan. Pengajuan tersebut membutuhkan melihat daftar rekaman jejak keuangan yang datangnya terdapat dalam informasi yang disampaikan dengan laporan keuangan.

Bibliography
Pemakai Informasi Akuntansi. (2019, September 20). Retrieved from: https://idmanajemen.com/pemakai-informasi-akuntansi/

Ermawan , Duddy (2000) Analisis Persepsi Pemakai Informasi Akuntansi, Akuntansi Bukan Akuntan Publik, Masyarakat Uumum dan Akuntan Publik Terhadap Tugas Akuntan Publik. Masters thesis, Pogram Pascasarjana Uviversitas Diponegoro.

Image Sources: Google Image

JT