Oleh: Jonathan Tanuwijaya

Banyak bisnis memiliki sistem terpisah untuk akuntansi dan Perencanaan Sumber Daya Perusahaan atau Enterprise Resource Planning (ERP). Bergantung pada ukurannya, sebuah perusahaan bahkan mungkin tidak memiliki ERP. Atau, seperti umumnya, mereka memperoleh aplikasi ini pada waktu yang berbeda dan menerapkan masing-masing untuk tujuan utamanya: paket akuntansi untuk pembukuan dan manajemen keuangan, dan ERP untuk manajemen operasi. Pemisahan ini tidak lagi diperlukan, bahkan bukan ide yang bagus. Faktanya, setidaknya ada lima manfaat menggunakan fungsionalitas akuntansi solusi ERP.

Artikel ini akan menjelaskan beberapa alasan bijak menggunakan ERP untuk akuntansi. Namun, pada tingkat tinggi, sebagian besar manfaat ini terkait dengan satu masalah inti, yaitu integrasi. Sistem akuntansi membutuhkan input data dari berbagai sumber. Ini termasuk manajemen manufaktur, manajemen gudang, logistik, penagihan, SDM dan lain sebagainya.

Akuntansi berbasis ERP secara otomatis mengintegrasikan berbagai sumber data ini.

5 Manfaat Akuntansi Berbasis ERP

Setelah bekerja dengan banyak klien di ERP dan implementasi perangkat lunak akuntansi, kami telah menemukan manfaat berikut ini muncul dari penggunaan akuntansi dalam rangkaian ERP:
1. Laporan keuangan yang sangat rinci
Paket akuntansi mandiri menawarkan laporan keuangan dasar seperti laporan laba rugi, neraca dan sebagainya. Sebaliknya, ERP menawarkan lebih banyak jenis laporan yang lebih bervariasi. Contohnya termasuk proyeksi arus kas berdasarkan manajemen inventaris dan status pesanan dan umur piutang yang dilapisi dengan saluran pesanan pelanggan. Laporan ini memberi Anda lebih dari sekedar data keuangan. Mereka membantu Anda mengelola bisnis Anda dengan lebih efektif.
2. Lebih banyak otomatisasi
Otomasi membantu produktivitas. Dengan menghubungkan ERP dan akuntansi, lebih mudah untuk mengotomatiskan alur kerja yang melintasi antara dua sistem. Saat Anda menggunakan ERP untuk akuntansi, banyak tugas akuntansi dan keuangan dapat sepenuhnya otomatis. Misalnya, Anda dapat merampingkan piutang dan manajemen hutang dan manajemen kas. Otomatisasi juga memungkinkan Anda melacak transaksi keuangan dengan lebih cepat.
3. Bebas dari entri data ganda
Memiliki sistem terpisah biasanya berarti memasukkan kembali data secara manual dari satu ke yang lain. Mengintegrasikan ERP dan akuntansi menghilangkan proses entri data yang membosankan ini dengan tangan. ERP membuat entri data cepat dan konsisten.
4. Tidak banyak error
Entri data manual terkenal rentan terhadap kesalahan. Ini termasuk digit yang dialihkan dan nama klien yang salah, dll. Ini dapat menyebabkan kesalahan kalkulasi, yang kemudian membutuhkan waktu untuk melepasnya. Anda juga dapat melihat siapa yang melakukan apa, untuk setiap transaksi, jika Anda perlu melacak seseorang yang melakukan kesalahan.
5. Tingkat kendali yang lebih tinggi
Menggunakan ERP untuk akuntansi memberi Anda lebih banyak kendali atas bisnis Anda. Anda dapat melihat dampak peristiwa dan keputusan secara real time.
Manajemen Keuangan Dengan Acumatica Cloud ERP
Kami memiliki pengalaman mengatur pelanggan pada akuntansi berbasis ERP. Untuk kelangsungan, ini berarti bermigrasi dari paket akuntansi mandiri yang lama. Itu sebuah proses. Tidak harus banyak kerumitan atau tantangan, tetapi perlu fokus dan usaha. Kami menyediakan keahlian. Jika Anda ingin mempelajari bagaimana kami dapat membantu Anda menjalankan bisnis lebih baik dengan memanfaatkan akuntansi di ERP, mari kita bicarakan.
Acumatica Cloud ERP memberikan, menyediakan perangkat lunak perencanaan sumber daya perusahaan yang mudah beradaptasi, kaya fitur, dan terintegrasi yang menyederhanakan proses Anda dan memfasilitasi keputusan Anda. Inti dari ERP Anda, Acumatica menghadirkan perangkat lunak keuangan bisnis yang kuat – cukup sederhana untuk toko kecil dan cukup komprehensif untuk multi-nasional yang kompleks – yang dapat mendukung kebutuhan Anda saat ini dan di masa depan.

Bibliography

Badirestiana, T. (2013). Pengaruh Implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) terhadap Kualitas Informasi Akuntansi pada PT Latinusa Tbk (Doctoral dissertation, Universitas Kristen Maranatha).

Leander, A., Wibowo, A., & Dewi, L. P. (2014). Integrasi Sistem Manajemen Pergudangan dengan Sistem Akuntansi dalam Aplikasi ERP. Jurnal Infra, 2(2), 133-138.

Nurcahyo, Y. (2012). Penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) Adempiere pada Perusahaan PT. Global Agrotek Nusantara (GAN) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Image Sources: Google Image
JT