Oleh: Jonathan Tanuwijaya

Di pasar yang semakin jenuh, yang dipenuhi dengan fintech dan individu yang tidak memiliki keahlian teknis, RPA menjadi kekuatan tersembunyi yang terus memandu wirausahawan dan CFO maju di sepanjang jalur yang berorientasi pada pertumbuhan.

Ekonomi digital berubah secara dinamis, dan dalam perubahan radikal ini, Otomasi Proses Robotik telah memperoleh daya tarik yang cukup besar. Sedemikian rupa sehingga teknologi otomasi menembus semua industri, dan secara bertahap menjadi bagian integral dari strategi pertumbuhan bisnis.

Sebuah studi terbaru oleh Deloitte bahkan menunjukkan bahwa 52,8% profesional berusaha meningkatkan dan meningkatkan operasi bisnis dengan memanfaatkan otomatisasi dan analitik dalam proses akuntansi.

Apakah RPA itu?
Robotic Process Automation (RPA) menggunakan robot perangkat lunak pintar (bot) yang mengidentifikasi, dan meniru interaksi manusia dengan sistem warisan inti, bersama dengan web dan aplikasi desktop lainnya untuk menjalankan proses.

Tujuan inti dari penerapan RPA di bidang Keuangan dan Akuntansi atau industri lainnya adalah untuk mengotomatiskan proses yang berulang dan mencapai efisiensi dan efektivitas biaya.

RPA di bidang Keuangan dan Akuntansi

Seperti yang dinyatakan di atas, RPA bekerja dengan sangat baik dalam mengotomatiskan proses yang berulang dan beroperasi dalam nilai transaksi yang tinggi.

Industri keuangan dan akuntansi melibatkan banyak sekali proses transaksional yang mengikuti pola yang sama – duniawi, berulang, dan sensitif terhadap waktu. Selain itu, proses ini sensitif terhadap data dan sedikit kesalahan administrasi dapat mengakibatkan kerugian yang cukup besar.

RPA menerjemahkan manfaat bagi lembaga F&A ini karena RPA merupakan alat otomatisasi yang tidak hanya mempercepat proses tetapi juga memastikan tidak ada kesalahan administrasi.

Menurut laporan RPA oleh Protiviti, ratusan lembaga keuangan telah berhasil menggunakan perangkat lunak ‘bot’. Di antara peserta studi, 32% perusahaan menganggap diri mereka sebagai ‘pemimpin RPA’, yang berarti mereka telah menerapkan otomatisasi secara virtual di setiap fungsi dalam perusahaan mereka.

Sekarang setelah kita mengetahui mengapa otomatisasi sangat penting untuk pertumbuhan industri F&A, mari kita mulai dengan manfaat terkait.

Manfaat RPA di bidang Keuangan dan Akuntansi

Dalam hal Keuangan dan Otomasi, RPA memberikan sekian manfaat yang memungkinkan CFO dan profesional keuangan lainnya berkembang dan bertindak mengikuti variabel yang menentukan lingkungan keuangan.

1. Skalabilitas
Bot RPA dapat diskalakan dan dapat dipanggil untuk mengelola volume data yang tinggi, dan menjawab permintaan kueri yang sangat besar dalam waktu singkat.
Lewatlah sudah hari-hari ketika bisnis harus menanggung biaya tenaga kerja yang signifikan ketika permintaan / beban kerja melonjak. Saat ini, dengan panduan berwawasan dan penyedia layanan RPA yang andal, Anda dapat mengotomatiskan proses F&A dalam hitungan minggu.

2. Efisiensi
Keuangan dan Akuntansi melibatkan rangkaian angka yang panjang dan proses transaksional berbasis aturan yang berulang.
Setelah implementasi RPA berhasil, lembaga keuangan dapat mempercepat transaksi ini, sambil menikmati peningkatan efisiensi dan keandalan data dengan kesalahan minimal.

3. Keunggulan Kompetitif
Karena budaya perusahaan itu dinamis dan selalu berubah, pentingnya memiliki keunggulan kompetitif tidak bisa cukup ditekankan.
Sedikit variasi dalam biaya, atau inovasi menentukan apakah perusahaan akan mendapatkan keuntungan dari kesuksesan yang langgeng atau berjuang untuk menjaga operasinya tetap berjalan.
Otomatisasi RPA dalam Keuangan & Akuntansi secara langsung diterjemahkan menjadi keuntungan yang halus namun penting ini, berkat biaya integrasi yang rendah, akurasi yang lebih tinggi, dan skalabilitas yang mudah.

4. Inovasi dalam Data
Industri keuangan dan akuntansi dapat memperoleh keuntungan dari penerapan RPA karena menawarkan wawasan yang lebih dalam tentang operasi bisnis melalui penggabungan cerdas data lama dan data baru.
Kombinasi khusus dari data dalam satu sistem menghasilkan pelaporan dan wawasan yang lebih baik untuk pertumbuhan bisnis.

5. Mengatasi Masalah Kepatuhan
Manusia bisa sangat serius dalam hal pekerjaan, tetapi bagian dari menjadi manusia adalah membuat kesalahan. Angka sangat penting untuk Keuangan, dan bahkan jika satu digit salah – seluruh sistem bisa rusak.
Tidak demikian halnya dengan bot RPA. Bot berjalan sesuai dengan seperangkat aturan yang ditetapkan, memberikan tingkat kualitas yang lebih tinggi, dan mendukung kesuksesan finansial.

Bibliography
Kaya, C. T., TURKYILMAZ, M., & Birol, B. (2019). Impact of RPA Technologies on Accounting Systems. Journal of Accounting & Finance, (82).

Kim, K. I. (2020). Cost Management Optimization Based on RPA for Management Accounting. Journal of Convergence for Information Technology, 10(5), 8-15.

Madakam, S., Holmukhe, R. M., & Jaiswal, D. K. (2019). The future digital work force: Robotic process automation (RPA). JISTEM-Journal of Information Systems and Technology Management, 16.

Image Sources: Google Image

JT