Oleh: Jonathan Tanuwijaya

Tak dipungkiri bahwa kebutuhan sehari-hari memang sangat banyak ditambah dengan berbagai keinginan untuk memanjakan diri sendiri membuat ibu rumah tangga mencari berbagai jalan atau solusi supaya bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Hal-hal seperti itu memang kadang dianggap menjadi alasan bosan bagi para ibu rumah tangga yang ada di rumah. Cara yang banyak dipilih oleh para ibu rumah tangga yaitu dengan mendirikan usaha sampingan kecil-kecilan ataupun dengan berjualan secara online.

Pengelolaan keuangan yang baik merupakan salah satu hal yang penting ketika ingin menjalankan bisnis sampingan. Apabila Anda seorang yang ibu rumah tangga dan ingin mempunyai usaha tambahan sebagai mompreneur, ikuti tips kelola keuangan preneur yang bisa anda gunakan di bawah ini.

1. Jangan mencampur keuangan bisnis dengan keuangan rumah tangga
Yang pertama harus anda lakukan yaitu jangan pernah mencampuradukkan keuangan rumah tangga dengan bisnis yang akan Anda lakukan. Apabila anda perlu membeli beberapa kebutuhan rumah tangga, awalnya mungkin anda merasa jumlah yang dipakai tidak terlalu banyak, tetapi lama-kelamaan uang hasil usaha sampingan yang ada jalankan akan semakin berkurang dan akhirnya membuat Anda bingung apakah usaha yang dikelola mengalami rugi atau laba.

2. Buat pembukuan
Cara melakukan untuk mempererat selanjutnya yaitu membuat catatan keuangan. Sebenarnya bukan hanya untuk bisnis saja, kehidupan sehari-hari pun anda perlu mengatur pemasukan dan pengeluaran. Anda perlu mencatat secara teliti beberapa modal, pengeluaran, pemasukan, biaya penjualan, dan lain sebagainya. Anda perlu memastikan menulis semua angka, jangan sampai ada jumlah tertentu yang terlewatkan dari hitungan. Dengan membuat pembukuan rutin ini, anda dapat mengetahui apabila usaha yang anda tekuni mengalami laba atau rugi serta mencegah Anda memakai uang bisnis untuk keperluan rumah tangga karena semuanya sudah tertulis jelas di dalam pembukuan.

3. Cermat dalam menggunakan uang
Apabila bisnis yang sedang Anda tekuni membuahkan hasil, maka keuntungan tersebut juga pasti bisa bertambah. Walaupun Anda mendapatkan banyak keuntungan, jangan biarkan diri Anda terlalu terlena sehingga menggunakan uang tersebut untuk hal-hal yang tidak perlu. Sebagai seorang mompreneur, Anda dituntut untuk ulat ketika mengelola laba dan modal. Walaupun modal tersebut sudah kembali, usahakan untuk menyisihkan laba kemudian kumpulkan hingga mencapai jumlah tertentu. Gunakanlah uang tersebut untuk hal-hal yang berguna dalam mengembangkan bisnis anda. Contohnya seperti membeli produk baru atau apabila bisnis anda bergerak di bidang makanan, cobalah untuk menciptakan menu baru dengan keuntungan tersebut.

4. Menghitung rugi dan laba
Apabila bisnis yang Anda jalankan mengalami keuntungan, maka anda hanya perlu melanjutkan bisnis seperti biasanya apa bahkan mengembangkannya lagi. Apabila bisnis yang Anda jalankan mengalami kerugian, Anda harus segera mencari tahu penyebab kerugian dari bisnis Anda tersebut. Dengan adanya anda melakukan pencatatan mengenai laba dan rugi, makan Anda bisa secepatnya mencari penyebab kerugian tersebut dan menemukan solusinya agar bisnis Anda bisa terus berjalan.

5. Siapkan dana darurat
Ketika menekuni dunia bisnis, tentunya ada saatnya ketika anda akan dihadapkan pada situasi terjepit sebab penghasilan yang tidak menentu. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan dana darurat untuk keperluan bisnis. Sebaiknya siapkan dana tersebut di awal atau sambil menjalankan bisnis tersebut. Apabila bisnis yang Anda jalankan sudah berjalan selama 3 atau 4 bulan dan mengalami keuntungan, gunakan uang adalah keuntungan tersebut sebagai dana darurat. Dengan demikian, anda tidak harus memakai uang rumah tangga apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Bibliography
5 Tips Penting Kelola Keuangan Mompreneur. (2016, December 29). Retrieved from: https://sleekr.co/blog/5-tips-kelola-keuangan-mompreneur/
Aina, A. Q., Suwarsinah, H. K., & Burhanuddin, B. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Wirausaha Mompreneur (Studi Kasus: Komunitas Bunda Online). Forum Agribisnis : Agribusiness Forum, 8(1), 17-34.

Image Sources: Google Image

JT