Perubahan jadwal kuliah bagi mahasiswa merupakan informasi. Berita kenaikan gaji bagi karyawan merupakan informasi. Minuman jus wortel kaya akan vitamin A merupakan informasi. Harga laptop smartphone terbaru dengan harga diatas 3 juta merupakan informasi. Berita Work from home bagi karyawan merupakan informasi. Nilai akhir bagi mahasiswa merupakan informasi. Berita lowongan kerja bagi pencari kerja merupakan informasi. Berita Indonesia menjadi tuan rumah ASIAN GAMES 2018 yaitu di kota Jakarta dan Palembang merupakan informasi. Berita kenaikan harga BBM adalah Rp 700 per liter untuk jenis pertamax merupakan informasi. Berita Work from office dimulai pada tanggal 8 juni 2020 merupakan informasi.

Semua contoh diatas menurut Romney dan Steinbart (2014) disebut sebagai informasi. Informasi adalah data yang telah dikelola dan diproses untuk memberikan arti dan memperbaiki proses pengambilan keputusan (Romney dan Steinbart, 2014:4).

Pengertian informasi menurut para ahli sebagai berikut :

Menurut Kenneth C. Laudon, informasi adalah data yang sudah dibentuk ke dalam sebuah formulir bentuk yang bermanfaat dan dapat digunakan untuk manusia.

George R. Terry, Ph. D menyatakan bahwa informasi adalah data yang penting yang memberikan pengetahuan yang berguna.

Gordon B. Davis, informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi si penerima dan mempunyai nilai yang nyata yang dapat dirasakan dalam keputusan-keputusan yang sekarang atau keputusan-keputusan yang akan datang.

Raymond Mc.leod Informasi ialah data yang telah diolah menjadi bentuk yang memiliki arti bagi si penerima serta bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini ataupun mendatang.

George H. Bodnar, (2000: 1), “Informasi adalah data yang diolah sehingga dapat dijadikan dasar untuk mengambil sebuah keputusan yang tepat”.

Dari pendapat para pakar diatas dapat dikatakan bahwa informasi adalah data yang telah diolah yang berguna, memberikan arti dan manfaat bagi pengguna yang membantu dalam pengambilan keputusan.

Ciri-ciri informasi yang berkualitas menurut Mc. Leod (2010) yaitu:

  1. Akurat, artinya informasi mencerminkan keadaan sebenarnya.
  2. Tepat waktu, artinya informasi harus ada saat diperlukan.
  3. Relevan, informasi yang diberikan harus sesuai yang dibutuhkan.
  4. Lengkap, artinya informasi harus utuh, tidak setengah-setengah.

Referensi

Romney, Marshall B. dan Steinbart, Paul Jhon, (2016), Sistem Informasi Akuntansi, Diterjemahkan oleh Kikin dan Novita, Salemba Empat, Jakarta.

MY