Apa saja Fitur yang Sebaiknya Ada Pada Software Akuntansi?

Sekarang mari kita lanjutkan ke berbagai fitur yang harus ada pada software akuntansi. Tergantung pada jenis operasi, sistem akuntansi & keuangan berada di bawah empat kategori yang berbeda. Perhatikan bahwa ada juga kegiatan akuntansi komprehensif yang digunakan banyak perusahaan yang menggabungkan fitur terbaik dari setiap kategori.

  • Sistem Billing dan Invoicing

Sistem billing dan invoicing menyelesaikan tugas dasar perusahaan sehari-hari, termasuk memeriksa tulisan dan memberi tahu pelanggan tentang pembayaran mereka yang jatuh tempo. Mereka sangat penting untuk menjaga kontrol atas keakuratan angka-angka akuntansi dan membuat layanan terlihat lebih profesional dan kredibel kepada hasil akhir. Di pihak perusahaan, alat penagihan dan cara penagihan membantu mendokumentasikan aktivitas keuangan dan menyiapkannya untuk otorisasi dan validasi.

  • Sistem manajemen penggajian

Jika Anda mencari alat untuk menjaga kontrol atas hutang dan piutang akun Anda, Anda harus mencari sistem manajemen penggajian yang akan menangani semuanya. Alat-alat ini dikembangkan untuk melakukan serangkaian tugas yang berbeda, termasuk menghitung gaji karyawan, memotong pemotongan, menyetor gaji langsung ke rekening bank anggota staf, menghasilkan formulir pajak dan slip pembayaran, dan banyak lagi. Dalam jangka panjang, alat ini akan mengamankan transaksi keuangan Anda, memotong biaya, dan membantu menyiapkan laporan keuangan yang terperinci.

  • Sistem perencanaan sumber daya dan aset perusahaan

Ini adalah salah satu fitur software akuntansi yang paling penting. Ini menggabungkan semua sistem yang digunakan untuk perencanaan produk, pembelian bahan, manajemen dan kontrol persediaan, distribusi, akuntansi, pemasaran, keuangan, aset, dan SDM. Akan lebih baik jika software akuntansi memiliki fitur yang bisa mengembangkan intelijen bisnis, sehingga perusahaan dapat belajar dari praktiknya dan menyiapkan strategi yang lebih baik di masa depan.

  • Sistem manajemen waktu dan biaya

Fitur ini dirancang untuk membantu mempercepat siklus penagihan dan menyetujui pengeluaran saat bepergian dan biasanya cukup dapat dikonfigurasi untuk bisnis apa pun untuk menyesuaikannya dengan kecepatan operasionalnya. Dasar pemikiran di baliknya adalah membantu mengumpulkan pembayaran lebih cepat dan mendeteksi praktik lambat dan tidak efektif yang sebelumnya tidak terlihat. Keuntungan terbesar mereka adalah mampu menghasilkan laporan grafis terperinci tentang bagaimana waktu dan sumber daya digunakan di setiap perusahaan.

Hal Apa yang Bisa Dilakukan Software Akuntansi?

  • Akuntansi

Akuntansi adalah komponen utama dari setiap sistem dalam kategori ini dan yang harus Anda cari terlebih dahulu ketika memilih solusi yang dapat diandalkan. Apa yang terlintas dalam pikiran ketika kita mendengar ‘akuntansi’ adalah buku besar, aset tetap, hutang & piutang, dan rekonsiliasi bank. Ini, tentu saja, yang mendasar dan yang paling penting.

  • Membuat Invoice

Ada sistem akuntansi yang khusus ditujukan untuk penagihan dan penagihan, tetapi sebagian besar dari mereka masih memperlakukan operasi serupa sebagai modul integral dari setiap operasi keuangan. Dengan demikian, mereka membiarkan pelanggan mengotomatiskan koleksi biasa, menyesuaikan operasi dengan metode pembayaran dan standar industri yang baru dan efektif, dan menyiapkan faktur yang akurat dan tepat waktu untuk klien mereka.

  • Penganggaran dan Perkiraan

Ini juga merupakan modul yang dibundel umum di sebagian besar sistem akuntansi, yang menghitung dan menginterpretasikan kinerja keuangan untuk tahun berjalan dan membantu memperkirakan anggaran yang akan datang. Dengan menggunakan sistem seperti itu, perusahaan dapat menyiapkan estimasi mereka dan menetapkan target penjualan yang layak dan optimis.

  • Manajemen aset tetap

Baik sebagai alat terpisah atau modul inklusif, manajemen aset tetap membantu mengelola data keuangan jauh lebih akurat. Modul ini menggabungkan fitur-fitur seperti sejarah audit, catatan biaya, perhitungan penyusutan, alokasi sumber daya, dan banyak lagi.

  • Manajemen penggajian

Dengan berbagai fitur penggajian, Anda akan dapat menghitung dan memproses pembayaran karyawan, menyiapkan dan mencetak cek mereka tanpa penundaan, dan menanggapi semua komitmen hukum dan segala penghitungan pajak pendapatan tanpa kesalahan. Memang ada sistem di luar sana yang dikhususkan untuk manajemen penggajian, yang digunakan oleh perusahaan dan karyawan berkinerja tinggi untuk mengingatkan mereka tentang kewajiban finansial mereka, namun yang perlu Anda tahu, pembukuan dan penggajian adalah 2 hal yang tidak bisa dipisahkan.

  • Akuntansi proyek

Software akuntansi proyek biasanya dikemas dalam sistem terpisah yang mewakili versi akuntansi software industri vertikal. Mereka sangat disambut oleh operator konstruksi dan pengembang perangkat lunak, di mana biaya dan aturan yang berlaku berbeda dari satu proyek ke proyek lainnya. Kemampuan utama dari software ini adalah memperkirakan dan menangani overhead dan biaya yang terkait dengan tenaga kerja, material, dan peralatan, sejalan dengan semua fitur lain yang sering dijumpai dalam sistem akuntansi.

  • Akuntansi dana

Fitur-fitur ini dapat ditemukan dalam software akuntansi yang dirancang untuk lembaga pemerintah dan organisasi nirlaba dan mencakup pelacakan pengeluaran donasi, manajemen hibah, peraturan PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan), dan serangkaian laporan keuangan khusus.

  • Manajemen stok

Manajemen stok adalah toolkit khusus yang dikembangkan untuk pengendalian stok, dan di mana Anda akan menemukan semua alat yang diperlukan untuk memberikan lini produk masa simpan yang lebih tinggi kepada bisnis Anda. Ini berarti Anda akan dapat mengontrol ketersediaan dan pergerakan produk Anda dan menghindari segala macam masalah pengiriman seperti overstocking atau understocking.

Apa yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Software Akuntansi

  • Modul faktur terintegrasi

Terlepas dari operasi inti, sistem akuntansi Anda harus lengkap (manajemen stok, misalnya), dan jika mungkin, Anda harus selalu memperoleh sistem yang menawarkan setidaknya beberapa fungsi pembuatan faktur dasar. Dengan cara ini, Anda akan terhindar dari kesulitan membeli software pembuat faktur tambahan atau memigrasikan data ke sistem lain.

  • Kustomisasi

Tidak ada sistem akuntansi “satu ukuran untuk semua”. Pada kenyataannya, ini adalah salah satu kategori software yang ditargetkan paling beragam. Alasan untuk ini adalah bahwa masing-masing perusahaan menjalankan perhitungan keuangan berbeda dan mematuhi cara yang berbeda dari berbagai aturan.

  • Kemudahan penggunaan

Tidak ada yang sederhana tentang prosedur dan perhitungan akuntansi, sehingga sistem akuntansi Anda yang paling baru harus dapat lakukan adalah memberi Anda lingkungan yang intuitif untuk bekerja. Ini berarti informasi harus diatur dengan rapi, dan fungsi harus tersedia pada satu dasbor. .Anda harus menyelesaikan operasi dalam beberapa menit mengikuti pola navigasi yang sudah Anda ketahui.

  • Keamanan

Seperti yang telah kami tunjukkan diatas, sistem akuntansi berisi data keuangan bisnis yang paling sensitif, setiap angka yang bergantung padanya. Untuk memastikan bahwa membuat perhitungan dan berbagi data dalam sistem yang aman dan teruji, pilih perusahaan yang memiliki reputasi baik dan periksa mekanisme keamanan sebelumnya.

  • Konektivitas

Pada titik di mana Anda membeli solusi akuntansi, Anda sudah memiliki berbagai perangkat lunak untuk digunakan.

  • Penggunaan ponsel

Sistem akuntansi seluler tidak lagi identik dengan mewah dan hanya perusahaan besar yang mampu mengembangkannya, jadi mengapa tidak memilih satu untuk kebutuhan Anda? Kebanyakan vendor populer saat ini menawarkan aplikasi Android dan iOS asli untuk penggunanya, di mana operabilitasnya hampir sama dengan versi sistem desktop.

  • Harga

Logika perangkat lunak yang berlaku adalah: semakin banyak suatu sistem dapat dilakukan, semakin banyak biayanya.

  • Dukungan yang andal

Sebagian besar vendor software akuntansi bangga dengan tim yang berpengetahuan dan cepat merespons, tetapi kenyataannya, Anda tidak akan tahu seberapa efisien mereka sebelum Anda benar-benar memiliki masalah untuk disampaikan.

Referensi:

  • 2014. Software Akuntansi Secara Umum. Perantara.net
  • Google Image
  • Soltius, 2019. Software Akuntansi dan Manfaatnya. Soltius.co.id
  • 2020. Analisa Software Akuntansi pada Bisnis. Accurate company

IER