Mengenal Software Akuntansi dan Manfaatnya
Software akuntansi sudah banyak dipakai oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia. Mulai dari perusahaan dengan skala menengah, hingga perusahaan dengan skala besar. Bagaimana tidak, dengan semua kemudahan yang ditawarkan, semua aspek yang berhubungan dengan akuntansi perusahaan bisa teratasi dengan cepat, tepat dan akurat. Tentu sesuai namanya, software ini bertujuan untuk mendukung aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan pencatatan semua kegiatan keuangan yang terjadi setiap harinya. Sistemnya tertanam menyeluruh dan ada pada tiap-tiap divisi perusahaan sehingga kontrol menjadi lebih luas cakupannya. Jika anda berniat menggunakan software akuntansi pada perusahaan anda dalam waktu dekat, maka pengertian dan manfaat software akuntansi di bawah ini mungkin bisa membantu anda.

Mengenal Software Akuntansi
Secara sederhana, software akuntansi bisa dipahami sebagai seperangkat sistem yang dirancang untuk mendukung aktivitas akuntansi dengan berbasis modularitas yang saling terintegrasi meliputi modul pembelian (account payable), penjualan (account receiveable), penggajian, buku besar, dan lain-lain. Aplikasi ini bisa saja merupakan pengembangan tersendiri oleh perusahaan atau dengan menggandeng kerja sama pihak ketiga untuk menyediakan layanannya.
Sedangkan untuk tujuannya, software akuntansi diharapkan mampu memudahkan anda dalam menyusun laporan akuntansi keuangan yang berupa neraca (balance sheet), laporan rugi-laba (profit lost statement), laporan posisi keuangan (cashflow), hingga membuat laporan akhir. Tentu anda juga harus melakukan input awal sebagai data yang nantinya harus diproses oleh aplikasi ini. Anda harus menyusun perkiraan atau ledger dengan nama dan kode yang jelas. Nantinya, setiap ledger harus memiliki pos-pos yang jelas dalam posisi laporan keuangan, seperti ledger untuk neraca, rugi laba, biaya pabrikasi, dan manufaktur.
Software akuntansi bekerja berdasarkan input secara real-time dari berbagai divisi atau modul yang sudah diintegrasikan sebelumnya. Jadi anda tida perlu menunggu selama berminggu-minggu lagi untuk bisa mendapatkan laporan laba-rugi (sebagai contoh). Setiap transaksi yang berjalan di perusahaan mulai dari penjualan, pembelian, produksi, stok opname, pengeluaran biaya, dan pendapatan akan otomatis masuk ke dalam jurnal dan di perbarui setiap saatnya. Tentu hal ini sangat membantu anda dalam menentukan langkah selanjutnya dalam mengatur perusahaan anda.

Manfaat Software Akuntansi
Ada beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menerapkan software akuntansi dalam perusahaan anda seperti:
• Penyederhanaan
Sistem akuntansi menempatkan kontrol keuangan di tangan audiens non-akuntansi, yang dirancang untuk memberikan makna angka saat melakukan perhitungan otomatis. Dengan sedikit atau tanpa pelatihan sama sekali, pemilik bisnis dapat menyelesaikan semua operasi akuntansi dan mematuhi standar hukum dari komputer desktop atau perangkat seluler, dan tanpa membayar pihak eksternal.
• Penghematan biaya
Sistem akuntansi dan keuangan mengotomatiskan perhitungan inti dan prosedur administrasi dan mengendalikan kerangka kerja pendapatan Anda sehingga Anda tidak perlu melakukan outsourcing manajemen keuangan ke ahli eksternal. Secara paralel, mereka juga mengurangi biaya yang berkaitan dengan mencetak dan mendistribusikan dokumentasi dan menyimpan data sensitif di lokasi yang aman dan dipantau.
• Transparansi keuangan penuh
Dari sudut pandang akuntan atau auditor, sorotan utama dari sistem akuntansi yang baik adalah bahwa mereka mencegah kesalahan manusia yang akan menyebabkan kerugian dan memiliki potensi berulang. Menghitung jumlah yang tidak akurat atau gagal melaporkan data tepat waktu dapat dengan mudah menyebabkan krisis bisnis, dan di situlah perhitungan otomatisasi paling berguna.
• Perkiraan yang akurat
Ini adalah salah satu keunggulan utama dari software akuntansi. Memahami secara rinci pola dan tren kinerja keuangan Anda adalah sesuatu yang perlu waktu lama untuk diselesaikan tanpa sistem yang solid. software akuntansi memberi arti pada angka, membantu Anda memahami di mana harus memotong pengeluaran atau di mana harus berinvestasi lebih banyak.
• Produktifitas
Jika pemilik bisnis perlu memilih satu paket layanan digital untuk meningkatkan kinerja, pilihan pertamanya adalah software akuntansi. Sistem-sistem ini menggali jauh di dalam tugas-tugas perusahaan yang paling rumit, sehari-hari, mengumpulkan, mengatur, dan menganalisis data mereka yang paling sensitif, dan apa yang paling penting, memanfaatkan uang mereka dengan lebih cerdas.
• Peningkatan hubungan dengan pelanggan
Orang bisa berpendapat bahwa software akuntansi tidak ada hubungannya dengan bagaimana pelanggan dilayani, tetapi itu tidak sepenuhnya benar. Sebagian besar sistem akuntansi saat ini (terlepas dari fungsi utamanya) menangani penagihan dan penagihan yang efektif, dan mencegah segala macam penundaan dan miskomunikasi.
• Keamanan
Data keuangan adalah informasi perusahaan yang paling berharga dan harus dicegah agar tidak jatuh ke tangan yang salah atau hilang karena kesalahan. Itulah yang dilakukan sistem akuntansi dan keuangan bagi penggunanya: mencegah akuntansi agar tidak terancam dengan cara apa pun, dan menyimpan salinan tambahan jika Anda perlu mengambilnya. Dalam kebanyakan kasus, Anda akan dapat membangun struktur keamanan internal Anda dan memutuskan siapa yang akan memiliki akses ke data sensitif.

Analisa Lengkap Tentang Pentingnya Software Akuntansi pada Bisnis
Software akuntansi yang baik adalah suatu keharusan bagi pengusaha yang ingin mengarahkan bisnis mereka menuju kesuksesan. Seharusnya tidak hanya mampu menyajikan ringkasan cepat atau penyajian rinci untung dan rugi, bersama dengan transaksi keuangan Anda lainnya, software tersebut juga harus membuat Anda memenuhi persyaratan hukum dari wilayah atau negara tertentu di mana bisnis Anda beroperasi. Selain menangani legalitas yang berkembang, pilihan Anda terhadap software akuntansi harus memungkinkan Anda mengotomatiskan tugas akuntansi yang memakan banyak waktu, mempercepat persiapan pajak, dan mengurangi risiko human error di tempat kerja.

Mengapa harus Menggunakan Software Akuntansi?
Dengan software ini, dengan informasi keuangannya yang mendalam, menunjukkan kepada Anda di mana harus melakuakan efisiensi terhadap biaya dan mendorong produktivitas. Dengan sistem yang tepat guna, perusahaan mengotomatiskan tugas pembukuan dan menyusun laporan ramah pajak tepat waktu. Namun, yang paling penting, mereka dapat memperkirakan pengeluaran dan mengembangkan strategi investasi yang lebih cerdas dengan sistem ini.

Referensi:
• Image. Google Image
• Soltius, 2019. Software Akuntansi dan Manfaatnya. Soltius.co.id
• Priharto. 2020. Analisa Software Akuntansi pada Bisnis. Accurate company

IER