Computer Fraud

Fraud atau kecurangan atau penipuan adalah suatu tindakan yang digunakan olehseseorang menimbulkan ketidak adilan atau kerugian bagi pihak lain. Contoh diantaranyaadalah berupa penyalahgunaan asset, kecurangan dalam laporan keuangan dan lainsebagainya. Penyebab dari terjadinya adanya kecurangan dapat dikategorikan sebagaisegitiga fraud. Yang pertama adalah dari sisi tekanan, misalnya tekanan keluarga atauketidakstabilan emosi, dan macam sebagainya. Selanjutnya adalah peluang yakni kondisiyang memungkinkan seseorang untuk melakukan suatu kecurangan. Kemudian adarasionalisasi yakni membuat mereka merasa perilaku ilegal menjadi sesuatu yang wajar.Kecurangan/ Penipuan pada computer yakni tindakan illegal apa pun yang membutuhkanpengetahuan teknologi computer untuk melakukan tindakan awal penipuan, penyelidikan,dan pelaksanaanya.

Di dalam klasifikasi kecurangan/ penipuan computer terbagi jadi InputFraud, Pemroses Fraud, perintah computer,Data Fraud, dan output fraud. Misal dari Inputfraud adalah penipuan daftar gaji, pelaku memasukkan daftar gaji yang tinggi. Processor Fraud dilakukan melalui penggunaan sistem perusahaan tanpa diautorisasi. Perintahcomputer dilakukan melalui merusak software perusahaan. Data Fraud dilakukan denganmengubah dan merusak file data perusahaan atau menyalin, menggunakan, mencari filetanpa diotorisasi. Output Fraud dengan mencuri atau menyalahgunakan output sistem.

Computer Fraud adalah perbuatan melawan hukum yang dilakukan memakai komputer sebagai sarana/alat atau komputer sebagai objek, baik untuk memperoleh keuntungan ataupun tidak, dengan merugikan pihak lain. Kejahatan yang berhubungan erat dengan penggunaan teknologi yang berbasis utama komputer dan jaringan telekomunikasi ini dalam beberapa literatur dan prakteknya dikelompokkan dalam beberapa bentuk, antara lain:

  1. Illegal Access / Akses Tanpa Ijin ke Sistem Komputer

Dengan sengaja dan tanpa hak melakukan akses secara tidak sah terhadap seluruh atau sebagian sistem komputer, dengan maksud untuk mendapatkan data komputer atau maksud-maksud tidak baik lainnya, atau berkaitan dengan sistem komputer yang dihubungkan dengan sistem komputer lain. Hacking merupakan salah satu dari jenis kejahatan ini yang sangat sering terjadi.

  1. Illegal Contents / Konten  Tidak  Sah

Merupakan kejahatan dengan memasukkan data atau informasi ke internet tentang sesuatu hal yang tidak benar, tidak etis, dan dapat dianggap melanggar hukum atau mengganggu ketertiban umum.

  1. Data Forgery / Pemalsuan Data

Merupakan kejahatan dengan memalsukan data pada dokumen-dokumen penting yang tersimpan sebagai scriptless document melalui internet. Kejahatan ini biasanya ditujukan pada dokumen-dokumen e-commerce dengan membuat seolah-olah terjadi salah ketik yang pada akhirnya akan menguntungkan pelaku.

  1. Spionase Cyber / Mata-mata

Merupakan kejahatan yang memanfaatkan jaringan internet untuk melakukan kegiatan mata-mata terhadap pihak lain, dengan memasuki sistem jaringan komputer (computer network system) pihak sasaran. Kejahatan ini biasanya ditujukan terhadap saingan bisnis yang dokumen ataupun data-data pentingnya tersimpan dalam suatu sistem yang computerized.

  1. Data Theft /Mencuri Data

Kegiatan memperoleh data komputer secara tidak sah, baik untuk digunakan sendiri ataupun untuk diberikan kepada orang lain. Identity theft merupakan salah satu dari jenis kejahatan ini yang sering diikuti dengan kejahatan penipuan (fraud). Kejahatan ini juga sering diikuti dengan kejahatan data leakage.

  1. Misuse of devices / Menyalahgunakan Peralatan Komputer

Dengan sengaja dan tanpa hak, memproduksi, menjual, berusaha memperoleh untuk digunakan, diimpor, diedarkan atau cara lain untuk kepentingan itu, peralatan, termasuk program komputer, password komputer, kode akses, atau data semacam itu, sehingga seluruh atau sebagian sistem komputer dapat diakses dengan tujuan digunakan untuk melakukan akses tidak sah, intersepsi tidak sah, mengganggu data atau sistem komputer, atau melakukan perbuatan-perbuatan melawan hukum lain.

Faktor- faktor Penyebab Kejahatan Komputer :

Beberapa faktor yang menyebabkan kejahatan komputer makin marak dilakukan antaralain adalah:

  • Akses internet yang tidak terbatas.
  • Kelalaian pengguna komputer. Hal ini merupakan salah satu penyebab utama kejahatan komputer
  • Mudah dilakukan dengan resiko keamanan yang kecil dan tidak diperlukan peralatan yang super modern. Walaupun kejahatan komputer mudah untuk dilakukan tetapi akan sangat sulit untuk melacaknya, sehingga ini mendorong para pelaku kejahatan untuk terus melakukan hal ini.
  • Para pelaku merupakan orang yang pada umumnya cerdas, mempunyai rasa ingin tahu yang besar, dan fanatik akan teknologi komputer. Pengetahuan pelaku kejahatan computer tentang cara kerja sebuah computer jauh diatas operator komputer.
  • Sistem keamanan jaringan yang lemah.
  • Kurangnya perhatian masyarakat. Masyarakat dan penegak hukum saat ini masih memberi perhatian yang sangat besar terhadap kejahatan konvesional. Pada kenyataannya para pelaku kejahatan komputer masih terus melakukan aksi kejahatannya.
  • Belum adanya undang-undang atau hukum yang mengatur tentang kejahatan komputer.

Beberapa Jenis Penipuan :

  • Phising (mencuri data pribadi Anda) lewat telepon.
  • Phising lewat email.
  • Anda diminta men-download suatu ‘security software atau software menarik lainnya’ yang terkadang grattis tetapi sebetulnya merupakan virus.
  • Terkadang dalam email bank tipuan, Anda diminta mengisi survey atau mengklik link ke undian yang menarik.
  • Jika Anda menerima telepon atau email dari bank yang sebetulnya bukan bank Anda atau bukan penerbit kartu kredit Anda, kemungkinan besar Anda akan ditipu.
  • Tawaran pinjaman kredit dalam jumlah besar dengan bunga rendah

Computer attack and Abuse Techniques

Kejahatan terhadap system informasi akuntansi atau yang biasa menyerang di systemcomputer biasanya disebut cyber crime. Terdapat beberapa cara atau kecurangan yangdibuat oleh pihak-pihak yang berperilaku jahat ingin mencuri atau menghancurkan suatusistem. Ada beberapa teknik dalam kejahatan terhadap sistem yang ada di computer yaitu Hacking, Hijacking, Spamming, Spoof. Hacking adalah seseorang yang mengakses secaratidak sah, memodifikasi data milik orang lain atau data sistem perusahaan. Hijacking yaitukegiatan memasuki sistem dengan sistem lainnya yang dijalankan oleh seseorang.Spamming adalah pengiriman e-mail yang tidak penting ke suatu account yang mana hal inimengkibatkan terganggunya suatu system informasi di dalamnya.

Referensi:

  • Google Image
  • 2019. Kejahatan Komputer. WordPress.com
  • 2019. Computer Fraud. Attribution Non-Commercial (BY-NC).

IER