Skill Akuntan Masa Depan

Agar akuntan tetap relevant dalam dunia bisnis. Ada beberap skill yang harus akuntan miliki dalam era revolusi industry sekarang ini.

Ross Chapman (2018) menjelaskan ada setidaknya enam skill yang harus dimiliki oleh akuntan agar tetap exist dan bisa bersaing yaitu:

  1. Kecerdasan Emosional

Sulit untuk mengabaikan pentingnya menumbuhkan kecerdasan emosional. Itulah yang membantu Anda bekerja secara efektif dengan orang lain, mendekati situasi kompleks dengan empati dan memahami kekuatan dan kelemahan Anda sendiri.

  1. Komunikasi

Tidak masalah apa industri tempat Anda bekerja dan dengan siapa Anda harus bekerja, keterampilan komunikasi tertulis dan verbal yang kuat sangat penting.

Dari menghadiri acara perusahaan dan acara berjejaring hingga bertemu klien dan menyambut rekan kerja baru, keterampilan berbicara yang berkembang sangat berguna. Mereka dapat membantu Anda menegaskan diri sendiri dengan cara yang membuat kesan pertama yang baik dan membangun hubungan yang kuat. Dalam komunikasi email Anda, perhatikan nada suara Anda dan pastikan kontennya relevan, secara tata bahasa benar, dan mudah dipahami. Pikirkan apakah pesan tersebut pantas untuk dikirim melalui email, telepon atau secara langsung.

  1. Kejujuran dan Integritas

Karakteristik ini sangat dihargai dalam industri apa pun tetapi mereka memiliki nilai tertentu di dunia akuntansi. Akuntan terbaik dengan standar etika tertinggi. Sebagai seorang akuntan, Anda harus transparan dan empatik saat membuat keputusan dan memberikan saran. Ini dapat membantu meningkatkan hubungan kerja Anda, membuat kerja tim lebih mudah antara kolega Anda dan klien Anda.

  1. Kepemimpinan

Seorang akuntan harus memiliki leadership yang baik dan tangguh. Kepemimpinan adalah keterampilan yang menantang tetapi penting bagi akuntan untuk berkembang. Kepemimpinan meliputi memimpin, melatih bakat, dan membuat keputusan yang sulit ketika dibutuhkan. Dia mengayomi juga mengembangkan teamnya.

  1. Fleksibilitas

Dunia akuntansi dinamis sehingga akuntan yang bersedia beradaptasi dengan lingkungan yang berubah dengan cepat dan mudah mendapat keuntungan. Selain memberikan layanan yang lebih baik kepada klien Anda, itu juga dapat membantu Anda melangkah lebih jauh dalam karir Anda karena Anda dapat terus belajar dan meningkatkan keterampilan.

  1. Tech-Savviness

Sekarang ini batas batas antara akuntansi dan teknologi semakin kabur sehingga tidak mengherankan bahwa organisasi mencari orang-orang yang tidak hanya terampil dalam akuntansi tetapi memiliki keterampilan teknis – atau setidaknya tingkat kenyamanan dan antusiasme tertentu tentang teknologi. Melek teknologi dan tidak gaptek.

Menunjukkan kemauan untuk mempelajari solusi baru dan membantu orang lain melakukan hal yang sama sangat penting. Luangkan waktu untuk pelatihan yang ditawarkan bahkan ketika itu tampaknya mengganggu tugas-tugas hari itu. Mempelajari keterampilan baru dapat menghemat waktu Anda dalam jangka panjang.

Dengan demikian bisa disimpulkan menurut ross chapman (2018) bahwa, akuntan harus memiliki keenam skill diatas. Meliputi keverdasan emosional, komunikasi, kejujuran dan integritas,  kepemimpinan,   fleksibilitas dan tech savviness.

 

Referensi/Sumber:

https://www.accountancyage.com/2018/11/26/six-skills-accountants-need-to-succeed-in-the-future/

 

TR

Image Source: Google Image