Pada tanggal 1 Juli  sampai dengan  30 Agustus 2019 Ibu Levana Dhia Prawati ditunjuk Binus University melakukan Internship (magang) di Kantor Pajak Pratama Jakarta Pasar Rebo yang beralamat di Jalan Raya Bogor No. 46, Ciracas, Jakarta Timur.

Latar Belakang  dan Tujuan Kegiatan Internship Dosen

Lecture Internship/Magang Dosen adalah penerapan dosen  pada dunia kerja baik di private sector atau di public sector. Magang Dosen bertujuan untuk mengembangkan keterampilan, mengupdate keilmuan untuk dikembangkan di kurikulum supaya meminimalkan gap antara dunia perkuliahan dan dunia kerja, serta untuk mendapatkan kesempatan dalam menerapkan  ilmu  pengetahuan  dan  keterampilan  yang  ada  kaitannya  dengan kurikulum pendidikan.

Tujuan Kegiatan Magang

  1. Memperoleh wawasan  mengenai  suatu  bidang  perpajakan   secara  komprehensif  pada kondisi di lingkup Kantor Pelayanan Pajak Pratama.
  2. Untuk melakukan  pengamatan  secara  langsung  kegiatan  lapangan  yang berkaitan dengan teori yang telah diajarkan kepada mahasiswa  diperkuliahan.
  3. Meningkatkan wawasan serta memantapkan kebaruan keilmuan terkait pelayanan perpajakan, peraturan terbaru, mekanisme/proses bisnis dalam lingkup internal, sistem/aplikasi terbaru yang digunakan untuk keefektifan pelaksanaan pelayanan perpajakan.
  4. Melatih diri untuk menjadi sumber daya manusia yang berkualitas yang memiliki pengetahuan, keterampilan, serta keahlian yang sesuai dengan perkembangan zaman dengan update keilmuan di sector public perpajakan.

Manfaat dan Finding dalam Internship Dosen

Dari kegiatan magang tersebut memberikan manfaat  untuk pengkayaan materi untuk mengembangkan Course Online, Online Resourches, MOOC,   Kegiatan dosen magang bermanfaat mendukung riset di bidang perpajakan.  Pada kesempatan magang tersebut Ibu Levana memberikan pelatihan terkait dengan Analisis Laporan Keuangan. Dan memberikan penegasan bahwa sangat penting mengembangkan dasar pemahaman  perpajakan bagi seluruh mahasiswa supaya mendorong kepatuhan sebagai Wajib Pajak nantinya. Ketika Wajib Pajak patuh akan mempermudah sistem self assessment system berjalan sesuai tujuannya. Pemerintah khususnya Direktorat Jenderal Pajak telah menciptakan reformasi perpajakan untuk mendorong pencapaian APBN pada akhirnya pembangunan nasional semakin terealisasi dengan baik dan optimal, serta memberikan temuan bahwa perkembangan teknologi dibidang perpajakan dikembangkan DJP supaya semakin efektif dalam administrasi perpajakan serta  mendukung penghitungan, penyetoran dan pelaporan Wajib Pajak.

Foto kegiatan  memberikan Training ke Pegawai KPP Pasar Rebo :


Foto bersama Kepala Kantor KPP Jakarta Pasar Rebo Bapak Natalius

Foto bersama dengan Ibu Yuli menjabat sebagai Senior Pemeriksa Pajak di KPP Jakarta Pasar Rebo

LDP