Revenue Varians

Pembahasan revenue varians adalah melihat ada nya perbedaan aktual dan budget di revenue. Dalam revenue, setiap perhitungan dibuat untuk setiap line product, dan hasilnya digunakan untuk menghitung total varian. Jika aktual lebih besar dibandingkan dengan budget maka perusahaan dinilai favorable (menguntungkan), begitupun sebaliknya. Jika budget perusahaan lebih tinggi dibandingkan aktualnya maka perusahaan dinilai unfavorable (merugikan).

Dalam Revenue varians kita mengenal Selling price, Volume dan Mix Variance.

  1. Selling price

Selling price dihitung dengan :

  1. Mix and Volume Variance

Varians volume diakibatkan dari menjual lebih banyak unit daripada yang dianggarkan. Varians bauran (mix) diakibatkan dari menjual proporsi produk yang berbeda dari yang diasumsikan dalam anggaran. Setiap produk mempunyai kontribusi yang berbeda-beda sesuai dengan kondisi pasar, perbedaannya inilah yang menjadi variance.

  1. The Mix Variance

Ketika hasil proporsi penjualan berbeda daripada budget.

  1. Volume Variance

Varians volume dapat dihitung dengan cara mengurangkan varians bauran (mix) dari gabungan antara varians bauran dan varians volume (mix and volume varians).

Berarti hal ini juga bisa dihitung untuk setiap produk sebagai berikut:

MK