MEMAHAMI PERPUTARAN PIUTANG DALAM AKUNTANSI

Menurut Sutrisno (2009: 57) Piutang Sebagai salah satu elemen modal kerja dalam keadaan berputar. Diman periode perputaran piutang dimulai pada saat kas dikeluarkan untuk mendapatkan persediaan, kemudian persediaan dijual secara kredit sehingga menimbulkan piutang, dan piutang berubah kembali menjadi kas saat diterima pelunasan piutang dari debitur (Bambang Riyanto, 2004: 90).

Untuk mengukur tingkat efisiensi piutang bisa digunakan dua ukuran yakni tingkat perputaran piutang atau rata-rata piutang terkumpulnya piutang. Semakin tinggi tingkat perputaran piutang semakin efisien piutang tersebut atau semakin cepat piutang dibayar efisien (Prastowo, 2008). Tingkat perputaran piutang tergantung dari syarat pembayaran yang diberikan oleh perusahaan.

Soemarso S.R (2010 :393) menyatakan bahwa perputaran piutang adalah : “menunjukkan beberapa kali suatu perusahaan menagih piutangnya dalam suatu periode. Perputaran piutang menunjukkan efisiensi perusahaan dalam mengelola piutangnya. Perputaran piutang rendah menunjukkan efisiensi penagihan makin buruk selama periode itu karena lamanya penagihan dilakukan”.  Warrant et al (2012) menjelaskan bahwa: perputaran piutang mengukur seberapa sering piutang berubah menjadi kas dalam satu tahun”.  Berikutnya Stice dan Skousen (2010) yang dimaksud perputaran piutang adalah cara yang mengukur seberapa sering piutang usaha berubah menjadi kas dalam setahun, dengan cara menghitung pembagian antara penjualan bersih dengan piutang dagang rata-rata yang belum dibayar selama tahun tersebut.

Perputaran piutang dapat dirumuskan sebagai berikut:

Tingkat perputaran piutang dapat digunakan sebagai gambaran keefektivan pengelolaan piutang karena semakin tinggi tingkat perputaran piutang suatu perusahaan berarti semakin baik pengelolaan piutangnya.

Rumus menghitung rata-rata Piutang:

Rumus menghitung perputaran piutang


Rumus menghitung rata-rata pengumpulan piutang

Referensi

https://www.kompasiana.com/sfradina/5685addf117b61b00e2e9c50/menghitung-perputaran-piutang

(MY)