Latar belakang penelitian merupakan titik awal berangkatnya suatu gagasan besar dalam rangka memecahkan masalah melalui kajian ilmiah atau penelitian.  Latar belakang memuat jawaban atas pertanyaan “mengapa penelitian ini perlu dilakukan?”dan “mengapa masalah itu bisa terjadi?”. Kepekaan untuk memperlihatkan fenomena-fenomena yang mutakhir di bidang yang sedang ditekuni menjadi kebutuhan. Dalam latar belakang memberikan gambaran mengenai topik penelitian yang hendak disajikan. Latar belakang masalah secara umum adalah suatu kumpulan informasi yang tersusun secara sistematis yang berkenaan dengan kejadian-kejadian atau fenomena sekitar yang menarik untuk diteliti. Timbulnya gejala tersebut karena adanya kesenjangan antara teori dengan realitas di lapangan.

Latar belakang masalah dapat diartikan sebagai suatu informasi yang tersusun secara sistematis berkenaan dengan fenomena, masalah, atau problematika yang menarik untuk menjadi bahan sebuah penelitian. Menurut para ahli latar belakang adalah titik tolak yang memberikan pengertian atau pemahaman kepada para pembaca terkait dengan masalah yang ingin di sampaikan. Dalam latar belakang peneliti harus bisa menyakinkan pembaca bahwa penelitian kita memang sangat penting dan harus segera dilakukan.

 Poin-poin dalam latar belakang penelitian adalah sebagai berikut :

  • Latar belakang penelitian biasanya berisi tentang alasan-alasan rasional dan esensial kenapa penelitian ini dibuat, tentu berdasarkan dari fakta-fakta dan olah data serta referensi dari temuan sebelumnya.
  • Peneliti menyampaikan permasalahan penelitiannya. Peneliti bisa memasukkan beberapa data dan fakta terkait masalah yang akan menjadi proyek penelitiannya.
  • Menyajikan deskripsi tentang gambaran umum fenomena yang akan diteliti.
  • Menyajikan deskripsi tentang gambaran umum lokasi penelitian.
  • Membuat pembahasan lebih rinci tentang masalah yang sedang diteliti. Penelitian lain yang pernah dilakukan oleh peneliti lain di negara atau tempat lain juga bisa dimasukkan ke paragraf ini. Lakukan review (ulasan singkat) terhadap penelitian sebelumnya.
  • Jika hasil review kita pada paragraf dua menemukan suatu kelemahan penelitian, maka kelemahan penelitian tersebut dapat dibahas pada bagian ini untuk mengarahkan bagian-bagian penting yang akan menjadi fokus penelitian kita. Ketika peneliti menguasai bidang penelitiannya, ia akan menunjukkan bagian-bagian (masalah-masalah) mana saja yang penting dan harus dipecahkan melalui proyek penelitiannya.
  • Peneliti membahas bagian-bagian (masalah-masalah) utama penelitian secara lebih detil. Tujuan penelitian dapat dimasukkan pada paragraf ini. Tujuan penelitian dapat dimulai dengan kalimat seperti : “untuk mengatasai permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian A,B,C,D.”
  • Berdasarkan pembahasan pada paragraf sebelumnya, sebuah pertanyaan penelitian dirumuskan pada bagian ini. Pembahasan bisa saja dibuat dalam bentuk tanya atau penjelasan singkat, padat, jelas tentang fokus penelitian kita.

(MY)

Image Sources: Google Image