Brown Bag Seminar dan Sharing Session April 2019

Pada tanggal 30 April 2019, bertempat di Ruang H2, Jurusan Akuntansi dan Finance kembali mengadakan Brown Bag Seminar. Tujuan seminar ini selain mempererat tali persaudaraan antar sesama dosen, juga sebagai wadah untuk membagikan ilmu terbaru yang dimiliki kepada teman-teman yang lain.

Pada kesempatan ini, ada dua orang pembicara yang mengisi yaitu Bambang Leo Handoko, S.E., M.M., M.Si. dan Dr. Meiryani., S.E., Ak., M.M., M.Ak., CA.

Pada kesempatan pertama, Bapak Bambang membawakan topik berjudul Admission of Information Techcnology in External Audit Profession Impact of Organizational, Social and Individual Factors. Bapak Bambang menjelaskan tentang bagaimana teknologi dapat diterima oleh external auditors. Selain itu, dalam pembahasannya juga disebutkan mengenai faktor-faktor yang dapat membuat external auditors sudah menggunakan software seperti Microsoft Excel atau masih secara manual dalam mengaudit suatu laporan.

Berdasarkan hal tersebut, beliau melakukan riset berdasarkan 3 faktor:

  1. Organizational Factors
  2. Social Factors
  3. Individual Factors

Dari masing-masing faktor diatas, beliau melakukan interview serta menyebarkan kuisioner kepada auditor berdasarkan lamanya auditor bekerja dan melakukan riset berdasarkan 3 faktor diatas dan melakukan test.

Hasil risetnya menunjukan faktor yang mempengaruhi auditor dalam menerima teknologi informasi adalah Social Factors dan Individual Factors. Sementara pada sesi diskusi Bersama dengan audients disimpulkan juga bahwa auditor percaya teknologi informasi mudah digunakan secara individu dibandingkan dengan sosial dan organisasi.

Di sesi selanjutnya, Ibu Meiryani membawakan topik berjudul Workshop Penulisan Artikel Ilmiah. Ibu Meiryani menjelaskan tahapan-tahapan bagaimana menulis jurnal ilmiah internasional yang tepat terbagi dalam: Judul, Pendahuluan, Material and Methodology, Hasil, Pembahasan, Kesimpulan, dan Daftar Acuan yang masing-masing dijelaskan secara detail.

Selain itu dijelaskan ada beberapa penulisan yang harus dihindari seperti:

  1. Hindari menggunakan kata penghubung pada bagian judul
  2. Jangan menyingkat nama belakang penulis, sekalipun nama tersebut panjang

AW