People Innovation Excellence
 

PRESS RELEASE IAI – SAK EMKM, LITERASI AKUNTANSI UNTUK UMKM INDONESIA

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) menerbitkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah (SAK EMKM) untuk membantu UMKM Indonesia agar menjadi lebih transparan, efisien, serta akuntabel. Aspek itu selama ini menjadi tantangan terbesar UMKM Indonesia dalam mengakses permodalan dari institusi keuangan, sehingga menghambat pertumbuhan dan peran UMKM sebagai penopang ekonomi Indonesia di masa depan.

Selain itu, diterbitkannya SAK EMKM juga dilandasi kesadaran akan besarnya dukungan sektor tersebut terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terbukti bisa bertahan di saat krisis serta mampu tumbuh pesat ketika ekonomi menggeliat. Sebelumnya, IAI juga telah menerbitkan SAK Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (ETAP) pada tahun 2009 untuk mendukung pelaporan keuangan entitas yang tidak mengharuskan adanya akuntabilitas publik.

Hal itu dikatakan Ketua IAI Kompatemen Akuntan Kantor Jasa Akuntan (KA-KJA), Tya Adityasih dalam Diskusi Pembukuan Akuntansi Sederhana untuk Usaha Mikro yang diselenggarakan Kementerian Koperasi dan UMKM RI, di Jakarta. KJA merupakan, entitas yang telah diberi izin dan kewenangan oleh Kementerian Keuangan dalam memberikan jasa akuntansi seperti jasa pembukuan, jasa kompilasi laporan keuangan, jasa manajemen, akuntansi manajemen, konsultan manajemen, jasa perpajakan, jasa prosedur yang disepakati atas informasi keuangan, dan jasa sistem teknologi informasi.

“KJA dapat membantu para UMKM untuk memperoleh Laporan Keuangan yang sesuai SAK dan menjadikan laporan keuangannya bankable,” jelas Tia. “Standar Akuntansi yang digunakan adalah SAK EMKM, merupakan SAK yang paling sederhana,” ia menambahkan.

Tia yang juga anggota DPN IAI mengatakan, KJA dapat membantu UMKM melalui laporan keuangan yang telah dibuat dengan menggunakan aplikasi pembukuan yang sederhana, menggantikan metode pencatatan keuangan secara tradisional. Namun untuk mendapatkan laporan keuangan yang memadai dan sesuai standar maka masih dibutuhkan sedikit penyempurnaan agar menggambarkan laporan keuangan yang sesuai dengan standar Akuntansi Keuangan.

Sumber : http://iaiglobal.or.id/v03/berita-kegiatan/detailberita-1072-press-release-iai–sak-emkm-literasi-akuntansi-untuk-umkm-indonesia

MSD


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close