People Innovation Excellence
 

IAI ASPIRING PROFESSIONAL ACCOUNTANTS FESTIVAL 2018

IAI Gelar Festival Akuntansi

Setelah sukses dengan penyelenggaraan perdana tahun lalu, Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) kembali menggelar Aspiring Professional Accountants Festival (APAFest) 2018 di mainhall Bursa Efek Indonesia, Kamis, 19 April 2018. Kegiatan berskala nasional ini diselenggarakan dalam rangka mempertemukan perusahaan dan institusi terkemuka dengan talenta akuntansi dan keuangan terbaik di Indonesia, untuk memastikan keberlanjutan literasi keuangan Indonesia di masa depan berada pada level yang seharusnya.

IAI APAFest 2018 ini menjadi festival kreativitas akuntan muda IAI yang akan mempertemukan perusahaan terkemuka di Indonesia dengan kandidat terbaik calon akuntan profesional. Melalui APAFest akan terjalin koneksi yang kuat dan simbiosis mutualisma antara profesi, industri, serta mahasiswa dan lulusan terbaik jurusan akuntansi di Indonesia.

Rangkaian IAI APAFest terdiri dari Career & Recruitment Fair, Seminar Perkembangan Terkini Profesi Akuntan, dan Sesi Inspirasi Tokoh Akuntan Profesional, dan APA Championship (APAChamp). APAChamp merupakan kompetisi bisnis nasional yang akan menjaring kandidat terbaik calon Akuntan Profesional melalui pendalaman materi bisnis, akuntansi, dan investasi paling aktual dan relevan dengan perekonomian saat ini.

Peserta yang diundang secara khusus dalam APAFest 2018 terdiri dari peraih beasiswa Chartered Accountant (CA), pemegang sertifikasi CA, CPSAK, USAS, dan USAAP, finalis APAChamp, undangan dari IAI Affiliated Campus, mahasiswa terbaik dari perguruan tinggi terpilih, serta anggota muda IAI dengan IPK minimum 3,25. Sementara entitas yang yang menjadi eksibitor yang membuka peluang karir bagi generasi muda akuntan, hingga saat ini tercatat PT Astra Internasional Tbk., PT BCA Tbk., PT Bursa Efek Indonesia, EY Indonesia, KPMG, PT Bank Permata Tbk., PwC, Bank CIMB Niaga Tbk., dan banyak lagi.

Prioritas Bagi Finalis Kompetisi Bisnis

IAI APAFest akan mendorong terciptanya hubungan saling menguntungkan antara industri, profesi, dan para mahasiswa sebagai talent akuntasi terbaik di Indonesia. Entitas sebagai eksibitor akan memiliki kesempatan pertama untuk mendapatkan talenta terbaik generasi muda keuangan Indonesia. Sejumlah perusahaan terkemuka tanah air telah menyatakan komitmennya untuk memprioritaskan para finalis APAChamp untuk berkarir di institusinya.

Para mahasiswa dan peserta, juga akan memiliki peluang besar bergabung di dalam entitas terkemuka yang akan menjamin perkembangan karir dan masa depannya. Keduanya akan saling mengisi untuk mengukuhkan kompetensi dan kapabilitas individu, serta memastikan kemampuan dan daya saing entitas di masa depan. Profesi juga akan diuntungkan dengan semakin meningkatkan kompetensi dan kapabilitas para anggotanya.

Ketua Dewan Pengurus Nasional IAI, Prof. Mardiasmo mengatakan, IAI berkepentingan menyukseskan kegiatan seperti ini karena merupakan bagian dari core competency yang dimiliki oleh organisasi profesi seperti IAI. Seperti telah digariskan founding fathers, IAI didirikan untuk membimbing pendidikan akuntansi dan mempertinggi mutu pekerjaan akuntan di Indonesia. IAI sebagai organisasi profesi bertanggungjawab mengembangkan pengetahuan dan praktik akuntansi, manajemen bisnis, dan publik, yang berorientasi pada etika dan tanggungjawab sosial dalam perspektif nasional dan internasional. Di dunia yang makin transparan, peran akuntan dalam upaya penerapan governance dan akuntabilitas di berbagai sektor, akan semakin dibutuhkan. IAI, bersama stakeholders lain, berkepentingan untuk meningkatkan kualitas akuntan profesional dan meningkatkan perannya di berbagai bidang dan lembaga, agar bisa menjamin terciptanya good governance dan transparansi.

Sejumlah tokoh akuntan profesional dijadwalkan hadir dalam APAFest 2018, antara lain Prof. Mardiasmo (Ketua DPN IAI/Wakil Menteri Keuangan RI), Ignasius Jonan (Anggota Dewan Penasihat IAI/Menteri ESDM RI), Prof. Mohamad Nasir (Anggota Dewan Penasihat IAI/ Menristekdikti RI), Ardan Adiperdana (Anggota DPN IAI/ Kepala BPKP), para praktisi dari inkubator startup BEI, direksi dan praktisi dari perusahaan terkemuka, serta prominent people lainnya.

Aspiring Professional Accountant

Aspiring Professional Accountant merupakan istilah yang digunakan oleh International Federation of Accountants (IFAC) untuk mendefinisikan calon akutan profesional yang melalui proses pembelajaran dan pengembangan, agar memiliki kompetensi sehingga dapat menjalankan perannya sebagai seorang Akuntan Profesional. Kualitas dan kuantitas Aspiring Professional Accountants menjadi titik sentral untuk menentukan masa depan profesi demi mewujudkan profesi yang lebih baik, berkontribusi untuk negeri dan untuk mewujudkan dunia yang lebih baik.

Direktur Eksekutif IAI, Elly Zarni Husin mengatakan, APAFest ini didedikasikan kepada founding fathers IAI yang telah mengamanahkan untuk mempertinggi mutu pekerjaan akuntan sebagai salah satu tujuan pendirian IAI 61 tahun yang lalu. APAFest akan menjadi agenda tahunan IAI untuk mempertemukan perusahaan terkemuka di Indonesia dengan mahasiswa dan kandidat terbaik lulusan akuntansi.

APAFest dilaksanakan pertama kali pada tahun 2017 sebagai rangkaian peringatan 60 tahun IAI yang diikuti oleh lebih dari 1200 peserta dan 29 eksibitor dari berbagai perusahaan terkemuka di tanah air. Tahun ini, peserta ditambahkan dengan para finalis APAChamp yang terdiri dari delapan tim terpilih yang telah melewati proses seleksi sebelumnya di delapan kota besar di Indonesia.

Sumber : http://iaiglobal.or.id/v03/berita-kegiatan/detailberita-1065-iai-aspiring-professional-accountants-festival-2018#

MSD


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close