People Innovation Excellence

ATURAN BARU BURSA EFEK INDONESIA TRANSAKSI PERDAGANGAN

Bursa Efek Indonesia sepanjang  tahun 2018 ini mengeluarkan beberapa aturan baru terkait dengan transaksi perdagangan saham. Beberapa peraturan baru tersebut antara lain :

 

  1. Siklus transaksi dari T+3 menjadi T+2

Siklus penyelesaian transaksi di bursa dipersingkat menjadi T+2 dari sebelumnya T+3. Proses penyelesaian digambarkan pada chart di bawah ini :

 

Sumber : Indonesian Stock Exchange (IDX)

 

Penerapan T+2 diharapkan dapat memberikan manfaat bagi Industri diantaranya peningkatan efisiensi proses penyelesaian, penyelarasan waktu penyelesaian dengan Bursa Dunia, likuiditas pasar yang lebih tinggi, pemanfaatan dana yang lebih cepat, hingga penurunan risiko pasar secara keseluruhan.

 

  1. Free Float (pembobotan) saham

Implementasi dari peraturan free float (pembobotan) saham dimulai tanggal 9 November 2018. Selain aturan mengenai penyelesaian transaksi yang dipersingkat menjadi 2 hari (T+2), BEI juga merilis aturan baru dalam perhitungan bobot kapitalisasi pasar saham atau dikenal dengan istilah Free Float Saham. Selama ini bobot tiap saham terhadap indeks dihitung berdasarkan kapitalisasi pasar (market capitalization) atau market cap. Dimana pergerakan saham dengan market cap besar akan lebih terpengaruh terhadap naik turunnya indeks disbanding pergerakan harga saham dengan market cap yang lebih kecil.

 

Contohnya dengan market cap sebesar Rp. 400 triliun maka pergerakan HMSP memberikan bobot pengaruh sekitar 6% terhadap pergerakan IHSG secara keseluruhan. Jadi ketika saham HMSP turun 10,3% akan ikut menurunkan hingga 40,1 poin tapi ketika saham Transcoal Pacific (TCPI) auto reject atas hingga 20% maka hanya akan menaikkan IHSG sebesar 4,6 poin karena kapitalisasi pasar TCPI hanya sebesar Rp. 32 triliun .

Sumber : idx.co.id (Indonesia Stock Exchange)

 

-AH


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close