People Innovation Excellence
 

Kantor Jasa Akuntan dan Kantor Akuntan Publik, apa bedanya?

   Tidak seperti Kantor Akuntan Publik (KAP) atau Kantor Konsultan Pajak, belum banyak yang familiar dengan Kantor Jasa Akuntan (KJA). Hal ini bisa dimaklumi karena keberadaan Kantor Jasa Akuntan memang relatif baru. Keberadaan KJA dipayungi oleh Peraturan Menteri Keuangan Nomor 216/PMK.01/2017.

   Berdasarkan peraturan tersebut, KJA diberi mandate untuk dapat memberikan jasa akuntansi, jasa manajemen, jasa perpajakan, dan jasa sistem informasi. Namun, KJA tidak boleh memberikan jasa asurans atau jasa audit seperti yang dimaksud dalam dalam Pasal 3 ayat (1) Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2011 tentang Akuntan Publik. Jasa asurans ini merupakan jasa yang diberikan Akuntan Publik atau KAP.

  Akuntan yang diperbolehkan berpraktik pada KJA adalah Akuntan Beregister yang telah mendapatkan izin dari Menteri untuk memberikan jasa akuntansi. Sedangkan KJA sebagai bentuk usaha dapat berupa badan usaha perseorangan, persekutuan perdata, firma atau perseroan terbatas. Menurut IAI, KJA ini akan membuka peluang karir bagi akuntan yang tidak ingin berkarier di area akuntan publik dan bukan sebagai pegawai.

   Data Sekretaris Jendral Pusat Pengembangan Profesi Keuangan Kementerian Keuangan RI menunjukkan bahwa per bulan September 2018 telah terdaftar 451 KJA yang tersebar di seluruh Indonesia.

Berminat mendirikan KJA?

-HK-


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close