IMA MANAGEMENT ACCOUNTING COMPETENCY FRAMEWORK Strategic Cost Management

 

Pada bagian ketiga di dalam strategic management, terdapat strategic management cost yang memiliki sasaran utama terkait dengan mengidentifikasi cost driver  dan lakukan pemodelan biaya untuk meningkatkan pengambilan keputusan di dalam organisasi. Kompetensi yang diharapkan di dalam strategic management tersebut adalah:

  1. Mengimplementasikan teknik manajemen yang tinggi (misalnya, activity based costing, teori kendala, akuntansi sumber daya konsumsi).
  2. Menggunakan pengaruh teknik akuntansi biaya untuk merekomendasikan strategi pengurangan biaya / taktik sebagai bagian dari strategi jangka panjang.
  3. Mengelola rantai suplai untuk mengoptimalkan kinerja organisasi.

Dari kompetensi yang sudah dijabarkan, dapat dilihat bahwa kompetensi dasar untuk mampu mengimplementasikan metode perhitungan biaya yang terbaru dan cukup kompleks. Selain itu juga, akuntan manajemen harus bisa menggunakan akuntansi biaya yang dapat diterapkan di dalam strategi jangka panjang perusahaan. Selain itu juga, pengaturan supply chain penting di dalam cost mangement. Hal ini dikarenakan selain untuk memelihara adanya ketersediaan bahan baku, namun juga untuk memperhatikan elemen biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi bahan baku tersebut.

 

-SPH