Sustainable Development Goals ke 14 adalah mengenai kehidupan di bawah air yang bertujuan untuk melestarikan lautan, laut dan sumber daya kelautan secara berkelanjutan.
Lautan dunia merupakan sistem global penggerak kehidupan mereka yang membuat Bumi dapat dihuni manusia. Air hujan, air minum, cuaca, iklim, garis pantai, sebagian besar makanan kita, dan bahkan oksigen di udara yang kita hirup, semuanya pada akhirnya disediakan dan diatur oleh laut. Sepanjang sejarah, samudera dan lautan merupakan saluran vital untuk perdagangan dan transportasi.
Pengelolaan sumber daya global yang esensial ini merupakan fitur kunci dari masa depan yang berkelanjutan. Ocean Conference bertujuan untuk meningkatkan kesadaran bahwa banyak ancaman terhadap lautan di dunia yang mempengaruhi kehidupan masyarakat, mulai dari polusi berbasis lahan sampai pemutihan karang, penangkapan berlebih, degradasi habitat laut, pengasaman laut dan dampak perubahan iklim, serta pentingnya lautan sehat menuju pembangunan berkelanjutan dan pencapaian SDGs.
Lautan menyediakan kunci dalam sumber daya alam termasuk makanan, obat-obatan, biofuel dan produk lainnya. Menjaga kesehatan lautan akan mendukung iklim dan upaya adaptasi. Kawasan Lindung berkontribusi untuk pengentasan kemiskinan dengan meningkatkan tangkapan ikan. Lautan juga dapat juga membantu meningkatkan kesetaraan gender, sebagai perempuan, dapat melakukan banyak pekerjaan di industri perikanan skala kecil. Lingkungan laut juga sebagai rumah yang menakjubkan. Beragam makhluk yang cantik dan indah, mulai dari organisme bersel tunggal sampai pada hewan terbesar yang pernah ada yang telah hidup di bumi yaitu Paus biru. Mereka juga rumah bagi terumbu karang, satu dari ekosistem yang paling beragam di planet ini.
Solusi yang dapat dilakukan adalah untuk laut terbuka dan dalam daerah laut, keberlanjutan bisa diraih dengan melalui peningkatan kerjasama internasional untuk melindungi habitat yang rentan. Menetapkan sistem yang dikelola secara adil dari pemerintah mengenai daerag yang dilindungi, harus ada untuk melestarikan keanekaragaman hayati dan memastikan masa depan yang berkelanjutan untuk industri perikanan. Di tingkat lokal, kita harus membuat pilihan yang ramah laut, seperti saat membeli produk atau makan makanan yang diturunkan dari lautan dan konsumsi hanya apa yang kita butuhkan. Memilih produk bersertifikasi adalah langkah yang baik untuk memulai. Membuat perubahan kecil dalam kehidupan kita sehari-hari, seperti mengambil transportasi umum dan mencabut barang elektronik untuk menghemat energi. Tindakan ini mengurangi jejak karbon kita, yaitu sebagai faktor yang berkontribusi atas naiknya permukaan air laut. Kita harus menghilangkannya penggunaan plastik sebanyak mungkin dan mengatur kebersihan pantai. Yang terpenting, kita bisa menyebarkan pesan tentang betapa pentingnya kehidupan laut adalah dan mengapa penting kita perlu melindunginya. (SPH)