Otoritas Jasa Keuangan-Good Corporate Governance

 

KM#20

Oleh: Kartika Dewi (D4402)

Pada tanggal 8 Desember 2017, Finance Club Binus University membuat acara seminar dengan OJK dengan judul Mahasiswa, Governance dan Tantangan Masa Depan: Apa yang bisa diperbuat mahasiswa?.Pembicara oleh Bapak M. Riza Nur Arfani.  Diseminar tersebut disebutkan bahwa Indonesia banyak ketinggalan dari negara tetangga dalam hal praktek pengelolaan perusahaan yang sehat, dari tingkat transparansi yang rendah, korupsi disemua bidang sehingga membuat kemajuan Indonesia lambat dibandingkan negara tetangga di kawasan Asia.

OJK sebagai badan regulator keuangan di Indonesia ingin menerapkan Good Corporate yang baik di perusahaan keuangan Indonesia,belajar dari krisis keuangan tahun 1998 yang menyebabkan sektor perbankan kolaps dan bank rush, masyarakat tidak percaya pada perbankan. Untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat maka OJK menerapkan Good Corporate Governance di industry keuangan.

Diharapkan dengan pelaksanaan Good Corporate Governance, maka perusahaan di Indonesia khususnya industry keuangan dapat bersaing dengan negara lain, itu semua bisa dimulai dari mahasiswa sejak dini,dimulai dari kehidupan dikampus semoga bisa menjadi kebiasaan baik mahasiswa sebelum masukke dunia kerja.(KDW)

 

 

 

Kartika Dewi