Oleh Kartika Dewi (D4402)

Ada 2 jenis pengguna Financial Statements yaitu external perusahaan dan internal perusahaan. External perusahaan meliputi suppliers,creditors,investors,pemegang saham, analyst, labor unions, pemerintah dan masyarakat pada umumnya. Sedangkan pemakai internal meliputi manager yang ada diperusahaan bisa bagian accounting,marketing, personalia dan para direksi.

Pengguna Laporan Keuangan ini mengambil keputusan ekonomi dari Laporan yang dibacanya, investor akan memutuskan untuk membeli atau menjual saham perusahaan yang sedang dibacanya. Supplier yang memutuskan untuk menjual secara tunai atau memberi credit term untuk pelanggan barunya. Para Direksi akan memutuskan untuk ekspansi ke luar negri setelah membaca laporan Keuangan.

Tentunya keputusan ekonomi yang diambil harus mempertimbangkan cost dan benefit nya, dapat dipahami oleh orang lain, relevan,reliability. Jangan sampai perusahaan hanya mendapat manfaat sedikit tetapi cost yang dikeluarkan sangat besar. Keputusan tersebut juga relevan dan dapat dipercaya. Sangat penting Laporan Keuangan yang dipublikasikan harus netral, tidak bias sehingga keputusan yang diambil bisa tepat dan bermanfaat.

(KDW)